Bahaya Bersin Saat Menyetir, Waspadalah

Ada beberapa contoh kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan gara-gara bersin.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 26 Mar 2015, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2015, 15:00 WIB
Bersin Saat Menyetir, Awas Bisa Terjadi Kecelakaan
Ada beberapa contoh kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan gara-gara bersin.

Liputan6.com, New York- Saat mengemudikan mobil maupun motor, lalu mendadak bersin bisa membuat mata Anda otomatis tertutup beberapa detik. Perlu diperhatikan bahwa kehilangan kendali saat mengemudi hanya beberapa detik bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Menurut sebuah studi di Halfords Autocentres, gara-gara bersin sebanyak 2.500 kecelakaan terjadi di Inggris. Para peneliti menduga saat bersin mereka mengemudi dengan kecepatan 60mph. Bahkan ada banyak contoh kasus kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan hanya gara-gara bersin satu kali.

Menurut penelitian ini pula disebutkan bahwa bersin merupakan reaksi tubuh yang membuat mata otomatis terpejam serta bergeraknya fisik. Bisa saja saat bersin Anda menarik gas motor Anda lebih kencang atau menginjak gas mobil. Ditambah lagi mata yang tertutup selama beberapa detik membuat Anda tidak bisa melihat jalanan.

Seperti dilansir Healthmeup, Rabu (25/3/2015), meskipun Anda mencoba tetap mencoba untuk menahan bersin, mata tetap akan bergerak menutup. Hal ini akan memengaruhi kontrol terhadap mobil.

Oleh karena itu untuk menghindari kecelakaan gara-gara bersin, Anda dilarang untuk mengemudikan motor atau mobil kala flu. Hal ini tidak hanya membuat diri Anda aman, tapi juga orang-orang di jalanan.

 

Baca Juga:

Gara-gara Bersin, Pria Ini Lukai 6 Orang

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya