Berapa Lama Kita Boleh Gunakan Earphone?

Tips terbaik untuk menggunakan headset yang aman agar telinga tetap sehat.

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 01 Sep 2016, 19:41 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2016, 19:41 WIB
gunakan earphone
Tips terbaik untuk memilih headset yang Anda inginkan

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan headset dan earphone sudah menjadi suatu kebiasaan individu dalam menjalankan beragam aktivitas. Seperti dalam perjalanan, saat bekerja, berolahraga, atau bahkan bersantai di tepi pantai, hampir semua orang tak pernah meninggalkan headset di telinga mereka.

Memang, penggunaan earphone dapat mempermudah individu untuk menerima panggilan telepon atau mendengarkan musik favorit di tengah rasa bosan. Tapi sungguh disayangkan, menggunakan earphone terlalu lama dapat merugikan kesehatan telinga secara keseluruhan.

Melansir Popular Science, World Health Organization menemukan 1,1 juta orang berusia 12 hingga 35 tahun berisiko kehilangan pendengarannya akibat sering menggunakan earphone. Hal yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada telinga, akibat suara dari earphone yang terlalu kencang dan gendang telinga bagian dalam.

Dalam laman Quora, disarankan untuk menggunakan earphone tidak lebih dari 90 hingga 120 menit--juga harus melepaskannya beberapa kali. Seperti dikutip laman Just For Hearts, ditulis Kamis (1/9/2016) berikut tips terbaik untuk menggunakan earphone yang aman agar telinga tetap sehat.

1. Jangan menggunakan earphone yang terlalu masuk ke dalam telinga.

2. Nikmati musik di volume rendah dan sedang.

3. Saat menggunakan earphone selama berjam-jam cobalah untuk melepaskannya selama 10 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya