Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Amankah Pakai Menstrual Cup Saat Berhubungan Seks?

Pahami menggunakan menstrual cup saat haid untuk berhubungan seks.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 04 Apr 2017, 20:18 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2017, 20:18 WIB
Seks
Aman atau tidak menggunakan menstrual cup saat haid untuk berhubungan seks.

Liputan6.com, Amerika Serikat Ketika sedang haid dan ingin berhubungan seks, salah satu caranya mungkin menggunakan menstrual cup.

Menstrual cup adalah alat berupa mangkuk plastik elastik untuk menampung darah haid. Namun, apakah aman menggunakan menstrual cup untuk bercinta?

Ahli obstetrik dan ginekologi, Jen Gunter dari San Francisco Bay, Amerika Serikat memberikan pemahaman soal penggunaan menstrual cup. Anda harus membedakan antara model (alat lain) yang dapat digunakan kembali dan sekali pakai.

Menstrual cup dapat digunakan kembali itu bukan dimaksudkan untuk dipakai selama seks. Hal ini karena bahan menstrual cup lebih tebal dan lebih tahan lama.

“Menggunakan menstrual cup tentunya, tidak akan nyaman. Menstrual cup dapat menyebabkan lecet dan mungkin menyakiti pasangan Anda," jelas Gunter, dikutip dari Women's Health Magazine, Selasa (4/4/2017).

Tapi jenis cup lain yang sekali pakai seperti SoftCup dianggap aman digunakan saat berhubungan seks. Hal ini dikarenakan SoftCup ikut bergerak sesuai pergerakan tubuh.

Jika Anda menggunakan menstrual cup selama haid untuk berhubungan seks, sebaiknya tetap berkomunikasi dengan pasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya