Catat, Warna Mata Mampu Tunjukkan Masalah Kesehatan Anda

Warna mata bisa menunjukkan permasalahan kesehatan Anda.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 18 Mei 2017, 18:46 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2017, 18:46 WIB
Mata
Warna mata bisa menunjukkan permasalahan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak akan menyangka, warna mata mampu menjadi petunjuk tentang risiko kesehatan tertentu. Namun, hal ini bukan berarti warna mata Anda bisa menjadi sumber utama munculnya permasalahan berbagai penyakit.

Warna mata berkorelasi dengan masalah kesehatan sehingga membantu Anda lebih sadar terhadap risiko penyakit yang mungkin diderita dan menjaga Anda tetap sehat.

Mata terang

Jika kornea mata Anda berwarna biru, hijau atau abu-abu, Anda mungkin berisiko tinggi terkena kanker kulit daripada mereka yang memiliki mata lebih gelap.

Anda juga cenderung mengalami degenerasi makula (kondisi mata kronis) terkait usia.

Salah satu penyebab paling umum adalah kehilangan penglihatan. Tapi Anda berisiko lebih rendah mengidap katarak dan vitiligo (penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit).

Mata gelap

Jika kornea mata Anda berwarna cokelat, penelitian menunjukkan, Anda cenderung berisiko mengidap katarak di kemudian hari dalam kehidupan Anda dibandingkan dengan mereka yang punya mata lebih terang.

Anda juga lebih cenderung mengidap vitiligo. Di sisi lain, Anda cenderung tidak berisiko mengidap kanker kulit dan degenerasi makula, sesuai dikutip dari Refinery29, Kamis (18/5/2017).

Warna mata berubah

Dalam beberapa kasus, perubahan warna mata yang tiba-tiba bisa menjadi sinyal terhadap masalah kesehatan yang serius.

Jika bagian putih mata Anda tiba-tiba memerah, itu pertanda iritasi, infeksi, atau alergi. Jika bagian putih mata Anda berubah menjadi kuning, pertanda adanya indikasi penyakit kuning. Artinya, Anda memerlukan bantuan medis secepatnya.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya