Punya Cucu Baru, Jokowi Dapat 4 Keuntungan Jadi Kakek

Kahiyang Ayu melahirkan anak pertama pagi tadi. Kini, Jokowi sudah memiliki dua cucu. Simak manfaatnya bagi kesehatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Agu 2018, 15:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2018, 15:00 WIB
Presiden Jokowi Beri Keterangan Terkait Kelahiran Cucu Kedua
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara, Iriana dalam jumpa pers kelahiran Kahiyang Ayu di RS YPK Menteng, Jakarta, Rabu (1/8). Kahiyang melahirkan anak perempuan berbobot 3,4 kg dan panjang 49 cm. (Liputan6.com/Pool/Kris - Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini punya dua cucu. Cucu pertama bernama Jan Ethes dan cucu kedua dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution lahir tadi pagi.

Cucu kedua Jokowi berjenis kelamin perempuan lahir pukul 05.50 WIB di RS YPK Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (1/8/2018).

Kehadiran putri Kahiyang-Bobby ini tentu membuat kehidupan Jokowi makin semarak. Biasanya, kehadiran cucu menambah ramai suasana di keluarga.

Kabar baiknya, ternyata menjadi seorang kakek dan nenek seperti Jokowi dan Iriana memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa studi mengungkapkan menjadi kakek atau nenek meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Melansir dari laman Life Time Daily dan Little Things pada Rabu (1/8/2018), berikut beberapa manfaaat kesehatna menjadi kakek atau nenek.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Menjadi kakek atau nenek biasanya akan menyempatkan waktu bermain dengancucu. Hal itu ternyata memiliki manfaat dan peran besar dalam kesehatan kognitif bagi kakek atau nenek.

Penelitian di Australia mengungkapkan kakek atau nenek yang menghabiskan satu hari per minggu merawat cucu menunjukkan manfaat bagi kognitif.

2. Tetap aktif bersosialisasi

Sebuah riset menyebutkan bermain bersama cucu dapat meningkatkan kehidupan sosial serta menyingkirkan perasaan kesepian dalam hidup. Bermain bersama cucu dapat meningkatkan gaya hidup menjadi lebih aktif secara sosial.

 

Saksikan juga video menarik berikut:


3. Tetap aktif secara fisik

Presiden Jokowi Beri Keterangan Terkait Kelahiran Cucu Kedua
Bobby Nasution didampingi sang ibu, Ade Hanifah Siregar dan mertuanya, Iriana dalam jumpa pers kelahiran Kahiyang Ayu di RS YPK Menteng, Jakarta , Rabu (1/8). Kahiyang melahirkan bayi perempuan secara caesar. (Liputan6.com/Pool/Kris - Biro Pers Setpres)

Dengan bermain bersama cucu dan sesekali mengasuh cucu maka membuat diri menjadi lebih aktif. Hal itu bermanfaat bagi tubuh agar tidak cepat lelah dan tetap lincah karena terbiasa bermain, seperti berlari-lari bersama cucu dan naik turun tangga saat menjaga cucu.

4. Stres berkurang

Saat seorang kakek atau nenek menghabiskan waktu dengan cucu tentu akan terasa bahagia karena kegiatan yang dijalankan seringkali dapat membuat tersenyum dan tertawa-tawa. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara menghilangkan stres.

 

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya