IDI: Hadi Pranoto Tidak Terdaftar Dalam Database Kami

IDI menyampaikan bahwa sosok bernama Hadi Pranoto yang tampil di kanal YouTube penyanyi Anji tidak terdaftar dalam database IDI.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Agu 2020, 20:00 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2020, 20:00 WIB
Hadi Pranoto
Dalam video yang bertempat di Pulau Tegal Mas, Lampung, sosok Hadi Pranoto mengenalkan diri kepada publik sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 dengan gelar pakar Mikrobiologi. (Tangkapan layar dari Youtube Anji)

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyampaikan bahwa sosok bernama Hadi Pranoto yang tampil di kanal YouTube penyanyi Anji tidak terdaftar dalam database IDI.

"Setelah kami cek nama Hadi Pranoto yang mengaku profesor dan ahli mheikrobiologi itu datanya tidak ditemukan dan tidak terdaftar di database IDI Online," kata Humas IDI dr Abdul Halik Malik seperti dikutip Antara, Senin (3/8/2020).

Halik menjelaskan PB IDI hingga saat ini masih menelusuri data mengenai seseorang yang disebut sebagai profesor dan ahli mikrobiologi di kanal YouTube milik Anji.

"Ya kita coba telusuri info yang benar tentang Prof Hadi dan temuannya," kata Halik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Hadi Pranoto
Dalam video yang bertempat di Pulau Tegal Mas, Lampung, sosok Hadi Pranoto mengenalkan diri kepada publik sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 dengan gelar pakar Mikrobiologi. (Tangkapan layar dari Youtube Anji)

Dalam video tersebut Hadi menyebutkan bahwa telah memiliki obat COVID-19. Namun, pada Minggu, 2 Agustus 2020 malam, YouTube telah menarik video tersebut sehingga tidak dapat diakses lagi.

Video tersebut menuai kontroversi karena klaim seseorang yang disebut-sebut bergelar profesor dan mengklaim dirinya ahli mikrobiologi.

Pernyataan Hadi Pranoto dinilai kontroversial karena mengklaim telah menemukan obat COVID-19 yang sudah memberikan kesembuhan ribuan pasien di Indonesia.

Kendati demikian informasi yang disajikan tidak ada bukti klinis terkait temuan obat yang diklaim telah mengobati ribuan pasien COVID-19 di Indonesia.

 

Anji Dikecam PFI karena Unggahan soal Corona, Ini 7 Faktanya
Anji Dikecam PFI karena Unggahan soal Corona, Ini 7 Faktanya (Sumber: Instagram/duniamanji)

Sebelum ini, Anji juga mendapat sorotan tentang pernyataanya mengenai foto jenazah COVID-19 yang diabadikan oleh fotografer National Geographic.

Dalam unggahannya di akun sosial media Instagram itu Anji meragukan mengenai dampak COVID-19 yang mengerikan sebagaimana diberitakan media. Tidak hanya itu, Anji juga mempertanyakan perihal seorang fotografer yang bisa memfoto jenazah COVID-19 sementara keluarganya tidak bisa.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya