Tips Mengatasi Beban Berlebih yang Bisa Dilakukan Orangtua untuk Cegah Stres Saat WFH

Berikut tips untuk mencegah stres yang bisa dilakukan oleh orangtua ketika menghadapi kelebihan beban selama WFH

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 06 Okt 2020, 21:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2020, 21:00 WIB
Pelukan
Ilustrasi pelukan (Foto: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Tak ada salahnya bagi orangtua untuk sejenak menenangkan diri di tengah sibuknya bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Ini penting demi mencegah beban yang berlebihan dan berpotensi menimbulkan stres.

Psikolog Tara de Thouars dalam sebuah seminar virtual beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang bisa orangtua lakukan untuk mengatasi kelebihan beban atau overwhelmed.

1. Berpelukan

"Kalau kita sudah overwhelmed banget, boleh mencari orang untuk dipeluk," kata Tara, ditulis Senin (5/10/2020).

Ia mencontohkan, Anda bisa memeluk anak atau pasangan kita apabila sedang merasa kelebihan beban. Tara mengatakan berpelukan akan membantu seseorang merasa lebih aman dan nyaman.

"Ingat kita akan stres kalau kita merasa ketakutan atau ada sesuatu yang kita takuti. Pelukan itu memberikan kenyamanan sehingga akan menurunkan stres kita."

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini


Agar Anak Lebih Aktif

Berhubungan dengan Gangguan Mental
Ilustrasi Stres dan Kelelahan Credit: pexels.com/pixabay

2. Buat Jadwal

Tara mengatakan, buatlah rutinitas atau jadwal kegiatan bagi Anda dan anak untuk membantu Anda mengatur apa yang harus dilakukan hari itu.

"Kalau pun jadwal ini tidak sesuai, tidak berjalan, tidak apa-apa, tidak harus sesuai juga kalau memang situasi tidak memungkinkan," kata Tara.

Selain itu, berikan sistem token pada anak-anak agar anak-anak lebih aktif dan orangtua tetap memiliki waktu untuk bekerja. "Biasanya saya akan memberikan mereka kegiatan-kegiatan dan setiap kegiatan itu akan saya beri bintang," ujarnya.

Contohnya, apabila anak sudah mendapatkan tiga bintang, maka ia diperbolehkan bermain gawai. Untuk mendapatkan "bintang" tersebut, mintalah anak untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membereskan rumah atau belajar.


Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Melepas Stres dan Tekanan yang Sedang Kamu Rasakan
Ilustrasi Melamun Credit: pexels.com/pixabay

3. Jangan Lupa "Me Time"

Jangan lupa berikan waktu "me time" untuk diri Anda sekitar setengah jam hingga satu jam. "Coba untuk rileks, berlatih mindful, supaya kita punya waktu untuk benar-benar meredakan emosi kita."

4. Fungsikan Indra

Ketika kita berada dalam situasi kelebihan beban dan ingin keluar dari sana, Tara menyarankan untuk "memfungsikan" indra kita. Anda bisa melakukannya dengan minum air hangat atau dingin saat stres.

"Coba ke kebun sebentar lihat yang hijau-hijau atau misalnya telepon teman dulu, dengarkan musik dulu sebentar, sense pendengaran," kata psikolog klinik Lighthouse ini.

 


Tak Sempurna Tak Masalah

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. (Photo by Freshh Connection on Unsplash)

5. Tak Masalah untuk Tidak Sempurna

Yang terakhir, Tara mengingatkan bahwa tak masalah untuk menjadi tidak sempurna di tengah situasi yang juga tidak sempurna seperti saat ini.

"Jadi kalau kita tidak bisa melakukan segala sesuatu sesempurna seperti yang dulu, tidak apa-apa juga, tidak harus sempurna juga," kata Tara. Ia mengatakan, apabila ekspektasi tidak terpenuhi maka hal tersebut tidak apa-apa.

"It's okay untuk tidak tahu apa yang terjadi dan melepaskan hal-hal yang tidak dalam kendalinya. Kalau ada hal-hal di luar kontrol kita, misalnya ingin pekerjaan segini tapi tiba-tiba malah ditambahin, ya sudah mau diapakan lagi."

"Itu tidak dalam kendali kita kok, yang bisa kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin melakukan apa yang bisa kita lakukan."


Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat

Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya