Masker Basah Saat Berolahraga? Segera Ganti, Bila Tidak Ini Risikonya

Tetap memakai masker yang sudah basah malah bisa mengganggu pernapasan.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Nov 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2020, 14:00 WIB
Cegah Kerumunan, Pemprov DKI Jakarta Gelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor di 32 lokasi
Warga bersepeda saat Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol Antarasari, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB atau CFD di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Saat berolahraga di ruang publik yang berpapasan dengan banyak orang harus tetap memakai masker di era pandemi COVID-19 seperti sekarang. Jika masker basah oleh keringat segera ganti.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto masker yang basah akan melekat di hidung dan mulut. Kondisi tersebut membuat proses bernapas justru lebih sulit. Itu sebabnya saat berolahraga di ruang publik mesti membawa masker cadangan.

"Harus bawa masker lebih dari satu. jadi pas basah cepat diganti kalo tidak akan menghalangi proses bernapas," ujar Michael mengutip Antara.

Penggunaan masker saat berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang takkan mempersulit sistem pernapasan. Untuk masyarakat, olahraga untuk menjaga kesehatan dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sementara olahraga dengan intensitas berat diperuntukkan bagi atlet yang akan bertanding.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut


Fungsi Masker Terganggu

Olahraga Saat Pandemi Corona
Seorang pria dengan mengenakan masker berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saat masker sudah basah, hal tersebut akan mengganggu fungsi benda tersebut. Hal ini disampaikan oleh dokter umum Muliadi Limanjaya dari RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

"Bahkan untuk udara biasa sendiri akan terhambat untuk lewat, sehingga menyebabkan fungsi dari masker menjadi terganggu," kata Muliadi melalui surat elektronik.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya