Makanan yang Perlu Wanita Konsumsi dan Hindari Saat Menstruasi

Mengonsumsi makanan sehat membantu mengatasi kram perut dan gejala lainnya selama menstruasi

oleh Aditya Eka PrawiraLiputan6.com diperbarui 12 Nov 2020, 06:00 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2020, 06:00 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Kram Perut Saat Menstruasi
Sumber : Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Sakit dan rasa tidak nyaman kerap dirasakan para perempuan saat menstruasi. Ini mengapa kaum Hawa menjadi lebih moody ketika datang bulan.

Seorang ahli gizi dan pendiri Nutracy Lifestyle, Dr Rohini Patil, rasa sakit bisa saja diakibatkan dari pola makan yang kurang tepat di kala menstruasi.

Jangankan saat menstruasi. Di hari-hari biasa saja, seseorang bisa mengalami sakit kepala, mual, diare lantaran pola makan yang berantakan.

"Selama menstruasi, wanita lebih memerhatikan pola diet dan sanitasi mereka," kata Rohini dikutip dari situs India Express pada Selasa, 10 November 2020.

Rohini pun menjabarkan beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi dan dihindari para perempuan selama menstruasi, berikut contohnya.

- Ayam dan ikan

Sumber zat besi dan protein yang bagus. Mengonsumsi ayam maupun ikan akan menangkal penurunan kadar zat besi saat menstruasi.

Selain itu, ayam dan ikan juga kaya akan protein dan asam lemak omega 3.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Makanan Saat Menstruasi

- Kacang dan cokelat hitam

Cokelat adalah makanan yang kaya akan magnesium dan zat besi. Namun, hati-hati. Pilih cokelat yang rendah gula, seperti cokelat hitam.

Kacang pun sama pentingnya. Kacang kaya akan asam lemak omega 3 dan merupakan sumber protein yang bagus.

- Air

Kita semua tahu bahwa minum beberapa gelas air adalah hal penting. Tetap terhidrasi dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala, yang merupakan gejala umum saat menstruasi.

- Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau membantu mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi. Selain itu, buah-buahan kaya air seperti semangka dan mentimun juga asupan penting selama menstruasi.

- Jahe panas

Rohini menjelaskan bahwa sebenarnya secangkir teh jahe hangat bisa membantu Anda merasa lebih baik karena memiliki efek yang bisa meredakan nyeri otot. Jahe juga bisa mengurangi rasa mual.

 

 


Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

- Garam dan makanan pedas

Hindari gorengan dan camilan siap saji termasuk makanan kemasan karena kaya akan garam dan natrium. Hindari juga makanan pedas karena bisa membuat perut mual dan menyebabkan naiknya asam lambung.

“Konsumsi garam berlebih menyebabkan retensi air yang menyebabkan kembung selama menstruasi,” kata Rohini.

- Kopi

Hindari minuman seperti kopi dan minuman berenergi karena dapat menyebabkan sakit kepala dan sembelit. Keduanya bisa menyebabkan masalah pencernaan.

- Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat membuat kepala terasa berat hingga sakit kepala.

“Sakit saat menstruasi adalah hal umum, karena tubuh mengalami penurunan kadar zat besi selama menstruasi, terutama jika aliran menstruasi Anda deras. Seringkali, ini menyebabkan nyeri tubuh, kelelahan dan pusing” kata Rohini.

 

(Deskhila Wijaya)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya