Kasus Omicron RI Tambah 3, Kemasukan dari Malaysia dan Kongo

Kasus varian Omicron di Indonesia kini bertambah 3, sehingga kini ada 8.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 23 Des 2021, 10:13 WIB
Diterbitkan 23 Des 2021, 10:13 WIB
Ilustrasi COVID-19 (pixabay)
Ilustrasi COVID-19 (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI kembali mendeteksi penambahan kasus varian Omicron di Indonesia menjadi tiga kasus. Kini, total kasus varian Omicron di Tanah Air sebanyak 8 kasus.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, tiga kasus varian Omicron baru ini merupakan imported case, yang berasal dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Malaysia.

"PMI dari Kongo 2 dan Malaysia 1 kasus," ujar Nadia melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 23 Desember 2021 pagi hari. 

Ketiga PMI tersebut positif varian Omicron berdasarkan pemeriksaan Whole Genome Sequence (WGS) yang hasilnya baru keluar. Mereka  masih diisolasi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Ada gejala ringan dan sedang. Mereka diisolasi di Wisma Atlet," lanjut Nadia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sebelumnya Ada 5 Kasus Omicron

Antrean Panjang Vaksin Booster COVID-19 di Inggris
Orang-orang antre untuk suntikan vaksin booster Covid-19 di Rumah Sakit St Thomas, London, Senin (13/12/2021). Antrean panjang terbentuk di pusat vaksinasi di Inggris ketika pemerintah mendorong agar semua orang dewasa mendapatkan vaksin booster untuk cegah penyebaran Omicron. (AP Photo/Matt Dunham)

Sebelumnya, kasus positif varian Omicron di Indonesia bertambah 2 kasus, sehingga menjadi 5 kasus. Dua kasus baru itu merupakan pelaku perjalanan luar negeri dari London, Inggris.

Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) dari kedua pasien tersebut keluar pada Senin, 20 Desember 2021.

Mereka merupakan 2 dari 11 orang yang dinyatakan probable hasil pemeriksaan S-Gene Target Failure (SGTF). Pemeriksaan tersebut keluar pada Minggu (19/12/2021).

Pengetatan di pintu masuk negara terus diperketat, terutama di perbatasan laut, dan darat. Positivity rate di pintu masuk laut dan darat 10 kali lebih tinggi daripada di udara, sebagaimana keterangan resmi Kemenkes.


Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya