7 Peringatan Bahwa Pernikahan Anda Bermasalah

Kenali tanda-tanda pernikahan Anda sedang bermasalah

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Des 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 24 Des 2021, 21:00 WIB
pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hubungan pernikahan pasti akan mengalami pasang surut. Da,  ada baiknya bagi Anda untuk tidak mengabaikan dan berharap permasalahan itu akan pergi begitu saja. Mereka biasanya tidak akan hilang, dan bahkan bisa menjadi lebih buruk.

Anda perlu memerhatikan lebih dekat masalah tersebut untuk menentukan apakah itu adalah hasil dari sesuatu yang tidak berjalan dengan baik dalam pernikahan Anda.

Melansir Verywell Mind pada Jumat, 24 Desember 2021, psikiater reproduksi dan perinatal Carly Snyder MD menyebut beberapa tanda peringatan umum masalah pernikahan yang harus diwaspadai.


1. Selalu Mengkritik Satu Sama Lain

Sedikit kritik yang membangun bisa menjadi hal yang baik dalam sebuah hubungan. Tetapi jika Anda lebih banyak melontarkan kritik daripada pujian, Anda akan mendapat masalah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Anda memerlukan lima (atau lebih) interaksi positif untuk melawan setiap interaksi negatif untuk menjaga hubungan tetap baik.

2. Memiliki Argumen yang Sama Berulang-ulang

Pertengkaran terjadi di setiap pernikahan, bahkan yang sehat sekalipun. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang berdebat secara efektif 10 kali lebih mungkin untuk memiliki hubungan yang bahagia daripada mereka yang menyembunyikan masalah sulit. 

Tetapi jika waktu Anda bersama diganggu oleh tayangan ulang tanpa henti dari argumen yang sama dan tidak ada penyelesaian, kemungkinan besar ada pemutusan hubungan antara Anda berdua. 

Tidak lama kemudian Anda akan mulai menghindari satu sama lain karena takut memicu pertengkaran lain.


3. Tidak Lagi Berdebat

Di satu sisi, kurangnya pertengkaran juga bisa menandakan masalah besar.

Mungkin terasa melegakan jika hubungan konflik tinggi Anda tiba-tiba berubah menjadi hubungan tanpa konflik. Namun jika pertengkaran yang sehat telah berhenti, itu bisa menjadi tanda bahwa salah satu atau Anda berdua sudah menyerah.

Tidak berdebat sama sekali dapat berarti bahwa Anda berdua tidak berpikir ada yang perlu diperjuangkan dalam hubungan Anda.  

4. Tidak Menikmati Waktu Bersama

Menghabiskan waktu terpisah itu sehat untuk hubungan Anda. Tetapi jika Anda terus-menerus membuat alasan untuk menghabiskan seluruh waktu luang Anda jauh dari pasangan, atau lebih suka menghabiskan waktu dengan siapa pun kecuali pasangan Anda, Anda telah memulai proses putus cinta.


5. Anda Mulai Menjaga Rahasia dari Satu Sama Lain

Menyimpan beberapa hal untuk diri sendiri adalah hal yang normal. Namun, dengan sengaja menyimpan rahasia sudah menjadi tanda peringatan yang jelas bahwa hubungan Anda mungkin akan berakhir dalam masalah.

Menyimpan rahasia hanya akan menanam benih ketidakpercayaan dalam suatu hubungan. Sekali kepercayaan itu rusak, sulit untuk diperbaiki.

6. Berpikir Tentang Berselingkuh

Menurut pakar hubungan, menemukan seseorang selain pasangan Anda menarik dari waktu ke waktu merupakan hal yang normal. Tapi jika pikiran Anda terus-menerus dikonsumsi oleh seseorang yang dianggap menarik selain pasangan Anda, maka ini menjadi pertanda jelas bahwa hubungan Anda saat ini kehilangan sesuatu.

7. Dia Bukan Orang Pertama yang Anda Telepon

Dalam pernikahan yang sehat, Anda akan melihat pasangan Anda sebagai orang yang selalu memberikan dukungan emosional, di saat-saat baik dan buruk. Meskipun Anda mungkin menceritakan kepada keluarga dan teman-teman Anda, biasanya tidak pada tingkat yang sama dengan pasangan Anda. 

Jika pasangan Anda bukan orang pertama yang Anda jangkau saat sedih, atau bahagia, mungkin itu pertanda ada yang tidak beres.

Reporter: Lianna Leticia


Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya