Cegah Omicron, Andalkan Antiseptik Rekomendasi WHO dan Berizin Kemenkes

Gunakan Septiwipes, tisu antiseptic multifungsi yang efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus.

oleh stella maris pada 23 Feb 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 23 Feb 2022, 12:35 WIB
Ilustrasi virus varian Omicron
Ilustrasi virus varian Omicron/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Setelah penurunan kasus Covid-19 di Indonesia dari beberapa varian, seperti Alpha, Beta, dan Delta, pada Desember 2021 muncul varian baru Omicron. Varian ini menyebar cepat di Tanah Air dengan gejala umum ringan, seperti flu biasa. 

Maka dari itu, Pemerintah mengejar 100% vaksinasi untuk masyarakat Indonesia, guna meminimalisir risiko gejala berat apabila terpapar. Jadi kita sama-sama harus menyadari, meski sudah divaksin atau pernah terinfeksi virus, bukan berarti kita terbebas dari infeksi berulang. 

Dan mau tidak mau, suka tidak suka, selama dua tahun terakhir kita ‘hidup berdampingan’ dengan virus Covid-19. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus corona dapat menular lewat udara (airborne transmission) dan masuk lewat saluran pernapasan saat kita bernafas, juga dapat tersebar melalui droplet (cairan tubuh) yang menempel pada permukaan benda. 

Maka dari itu, satu-satunya cara untuk bertahan dengan menerapkan kebiasaan baru selama pandemi. Selain lewat pemenuhan asupan nutrisi, usaha lain untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19, dengan tetap melakukan protokol kesehatan termasuk di dalamnya menjaga kebersihan diri sendiri.  

Misalnya dengan menerapkan membersihkan diri, terutama di area kuman dapat menempel lama yang menjadi jalan masuk utama kuman. Ini adalah kebiasaan yang akan menjadi kebiasaan normal  manusia di kemudian hari. 

Harus dipahami juga bahwa jalan utama masuknya virus, melalui hidung saat bernapas menuju tenggorokan. Dengan begitu, gejala awal terinfeksi Covid19 adalah flu dan radang pada tenggorokan. Apalagi jika daya tahan tubuh kurang baik, maka akan masuk ke paru-paru sehingga terjadi pneumonia.

Oleh karena itu, membersihkan area kulit di sekitar hidung serta rongga hidung setiap hari harus menjadi kebiasaan sebagai tindakan untuk mematikan virus-virus yang menempel di rongga hidung dan mencegahnya masuk lebih jauh ke saluran pernafasan yang lebih dalam.

Untuk mendukung upaya kita dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama menjaga kebersihan diri, gunakan antiseptik yang efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus. Merujuk pedoman bertajuk WHO Interim Guidance-Laboratory Biosafety Guidance related to Coronavirus Disease (Covid-19), antiseptik yang direkomendasikan adalah yang mengandung phenol & alcohol. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Septiwipes
Septiwipes, tisu antiseptik yang mengandung Phenol dan Alcohol, teruji klinis membunuh virus Covid-19 sesuai rekomendasi WHO/Istimewa.

Antiseptik ini hadir dalam bentuk tisu. Tentunya tisu antiseptik menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah dan harus dibawa kemanapun kamu pergi. Maka dari itu, agar kamu makin nyaman dalam berkegiatan, pilihlah tisu antiseptik yang: 

  • Aman di kulit
  • Teruji klinis efektif bunuh kuman
  • Sudah berizin Kemenkes RI dan direkomendasikan oleh badan kesehatan
  • Berstandar farmasi

Nah, rekomendasinya adalah Septiwipes, Tisu Antiseptic Multifungsi yang bermanfaat membunuh kuman di kulit, hidung, permukaan benda dan fasilitas umum. Tisu basah  ini sudah lolos uji dermatologis sehingga tidak menimbulkan iritasi jika sering digunakan dan sudah berizin Kemenkes RI.

Yuk, mulai sekarang lebih care lagi sama kesehatanmu dan keluarga. Selalu terapkan 6M dan jangan lupa selalu siapkan Septiwipes dalam kondisi apapun dan bawa kemanapun, biar aktivitasmu makin aman. 

 

(*)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya