Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Manfaat Masturbasi di Malam Hari, Salah Satunya Bantu Tidur Lebih Cepat

Masturbasi memiliki manfaat khusus jika dilakukan di malam hari.

oleh Diviya Agatha diperbarui 08 Mar 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2022, 21:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Masturbasi
Ternyata masturbasi saat menstruasi datangkan banyak manfaat untuk kesehatan. (Sumber Foto: Getty Images)

Liputan6.com, Jakarta - Masturbasi telah dikaitkan dengan beragam manfaat. Bahkan, ada lho manfaat spesifik yang bisa Anda dapatkan saat melakukannya di malam hari.

"Meskipun masturbasi sepenuhnya merupakan preferensi pribadi. Tapi ada beberapa manfaat khusus jika masturbasi dilakukan di malam hari," ujar terapis seks Vanessa Marin dikutip Bustle, Selasa (8/3/2022).

Begitupun jika Anda adalah satu satu orang yang biasanya akan merasa orgasme di pagi hari, mencoba mengubah rutinitas masturbasi ke malam hari dapat menuai manfaatnya.

Lalu, apa sajakah manfaat masturbasi di malam hari? Berikut diantaranya.

1. Tidur lebih cepat

Menurut Vanessa, alasan utama mengapa masturbasi dapat membuat seseorang tertidur dengan cepat adalah karena kegiatan satu ini dapat Anda merasa lelah.

Studi dalam Frontiers in Public Health mengungkapkan, pelepasan oksitosin dan prolaktin setelah aktivitas seksual telah menjadi beberapa faktor dibalik penyebab peningkatan kualitas tidur.

"Bahkan jika Anda tidak merasa orgasme, masturbasi tanpa klimaks masih dapat membantu Anda tertidur. Pada dasarnya, masturbasi bisa membuat Anda merasa lelah dengan atau tanpa orgasme," kata Vanessa.

2. Mengurangi stres

Vanessa menjelaskan, masturbasi bisa terasa begitu transaksional. Seperti ketika hanya ingin orgasme, menyelesaikannya, melepaskan perasaan yang mengganggu, dan pergi tidur.

"Tapi biasanya saya merekomendasikan untuk mencoba masturbasi dengan memberi diri lebih banyak waktu untuk benar-benar fokus menjelajahi tubuh," ujar Vanessa.

"Karena terburu-buru melakukan masturbasi untuk mencapai orgasme mungkin tidak akan begitu bermanfaat jika tujuan Anda adalah relaksasi," tambahnya.

Sebaliknya, jika Anda melakukannya dengan tenang, masturbasi pun dapat menjadi cara yang baik untuk mengurangi stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Lebih praktis

Menurut Vanessa, masturbasi sebelum tidur mungkin bisa menjadi pilihan yang terbaik. Mengingat Anda tidak lagi memiliki aktivitas lainnya yang menunggu untuk diselesaikan.

"Anda juga kemungkinan lebih memiliki banyak privasi di kamar tidur. Rasa memiliki privasi itulah yang dapat membantu pikiran Anda untuk lebih jernih, dan membuat Anda tidak merasa terburu-buru," ujarnya.

4. Gairah seks meningkat

"Beberapa orang merasa memiliki gairah seks yang lebih tinggi di malam hari. Jadi jika Anda merasa ingin melakukannya, maka itulah waktu yang tepat," kata Vanessa.

Menurut studi yang dilakukan di Polandia, wanita rata-rata memang memiliki gairah seksual yang lebih tinggi di malam hari, terutama pada pukul 6 sore ke atas.

5. Lebih menyayangi diri

Vanessa menjelaskan, banyak orang berjuang terkait rasa sayang mereka terhadap tubuhnya sendiri. Sedangkan masturbasi dapat membantu seseorang untuk lebih mengenal dirinya.

"Ada banyak cara untuk menjadi lebih lembut dengan diri sendiri. Selain masalah waktu, salah satu hal terpenting saat masturbasi adalah Anda dapat melakukan apa yang terasa benar bagi Anda," kata Vanessa.


Infografis

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya