Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Tuhanku, Kami Tenang Sekarang

Ridwan Kamil (RK) mengatakan bahwa dirinya sudah tenang usai jenazah putra sulungnya bernama Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 10 Jun 2022, 06:11 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2022, 05:45 WIB
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil (https://www.instagram.com/p/CeTPgqZl2cK/)
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil (https://www.instagram.com/p/CeTPgqZl2cK/)

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril anak Ridwan Kamil sudah ditemukan. Sang ayah langsung mengucapkan takbir usai jenazah putranya ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi waktu Swiss.

"Allahu Akbar,"

"Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami," kata RK lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Rencanyanya jenazah Eril akan dibawa dari Swiss ke Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022. Lalu, pemakaman dilaksanakan pada Senin, 13 Juni 2022.

Pria 50 tahun itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pencarian Eril. Diantaranya KBRI Swiss dan Kepolisian Bern dan Kota Bern atas kerja kerasnya.

Tak ketinggalan pula ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang anaknya.

"Jazakalllah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril. Semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua," tulisnya.

Usai jenazah Eril ditemukan RK juga dengan jujur mengungkapkan bahwa dirinya lebih tenang sekarang.

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih. Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami," tutup RK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan dan Doa untuk Keluarga RK

Ikhaskan Kepergian Eril, Ini 6 Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya
Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (Sumber: Instagram/ataliapr)

Di kolom komentar, banyak orang mendoakan kepergian Eril untuk selama-lamanya. Tak sedikit pula yang mendoakan agar RK sekeluarga yang ditinggalkan untuk tetap kuat dan tabah menghadapi kondisi ini.

"Ya Alloh, lega... sedih.. campur aduk... terima kasih ya Allo... Alhamdulillah," tulis presenter Irfan Hakim.

"Sending you love and light Pak @ridwankamil and family! Rest easily Eril," kata DJ Dipha Barus.

Senada dengan Dipha Barus, Eka Gustiwana pun mendoakan agar Eril damai di sana. "Beristirahat dengan damai, Eril. Semoga diberi kekuatan semuanya Kang Emil dan keluarga"

 


Ditemukan di Bendungan Engehalde

Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare. (Dok. KBRI Bern)
Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare. (Dok. KBRI Bern)

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan detik-detik Eril ditemukan. Awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Kemudian sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

 

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya