Kisah Haunted Mansion, Atraksi Pertama Gagasan Walt Disney yang Dijadikan Film Layar Lebar

The Haunted Mansion - rumah seram yang penuh dengan karakter konyol dan mendalami tradisi Americana dan horor Gotik - adalah salah satu ide tertua Walt Disney.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 26 Jul 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2023, 19:00 WIB
Disney Buat Ulang Haunted Mansion di Tangan Sutradara Pacific Rim
Guillermo del Toro menjelaskan bahwa ia telah mengerjakan naskah Haunted Mansion bersama pihak Disney beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Film reboot Haunted Mansion tayang hari ini di bioskop Tanah Air, Rabu, 26 Juli 2023. Film Disney yang disutradarai Justin Simien ini dibintangi LaKeith Stanfield, Owen Wilson, Danny DeVito, Tiffany Haddish, dan Rosario Dawson itu juga menampilkan bintang besar lainnya seperti Jared Leto dan Jamie Lee Curtis.

Sinopsis Haunted Mansion berkisah tentang ibu dan anak--Gabbie dan Travis--yang pindah ke sebuah rumah di New Orleans. Rumah baru mereka itu bernama Gracey Manor.

Rupanya, selain dihuni oleh ibu dan putranya yang berusia 9 tahun itu, Gracey Manor juga merupakan tempat tinggal dari bermacam roh liar. Beberapa dari roh itu gemar menjahili Gabbie dan Travis. Sedang beberapa roh lainnya serius ingin menyakiti manusia yang hadir di mansion itu.

Dalam proses pengusiran roh jahat di Gracey Manor, Pastor Kent yang dimintai tolong Gabbie, meminta bantuan tiga ahli lainnya yakni Ben, Harriet, dan Bruce Davis. Proses pengusiran hantu ternyata mengungkap sejarah mengerikan di Gracey manor, serta menggiring masing-masing individu itu berani menghadapi ketakutan pribadi mereka.

Produser film Haunted Mansion, Jonathan Eirich mengatakan, "Kami ingin para penggemar ikut merasa berada dalam perjalanan ini dan menemukan dunia yang lebih besar dalam 'Haunted Mansion'."

Sekitar 20 tahun yang lalu ketika Disney melakukan upaya pertamanya untuk mengubah atraksi taman hiburan populer menjadi film-film terkenal, ada dua judul film yang muncul yakni Pirates of the Caribbean dan Haunted Mansion. Keduanya adalah atraksi paling populer yang pernah dibuat dan ada dalam satu atau lain bentuk di hampir setiap resor Disney Park di seluruh dunia. Sayangnya hanya satu dari dua judul yang sukses besar yakni Pirates, sedangkan The Haunted Mansion tidak. 

 


Haunted Mansion Pertama

Haunted Mansion
Film Haunted Mansion. (Dok. Disney)

The Haunted Mansion - rumah seram yang penuh dengan karakter konyol dan membawa tradisi Americana dan horor Gotik - adalah salah satu ide tertua Walt Disney.

Dilansir laman worldofwalt, Anda mungkin pernah mendengar nama "Harper Goff" — Harper adalah salah satu kolaborator awal Disney dan seniman legendaris dalam sejarah Disney. Goff menciptakan konsep seni orisinal yang akhirnya menginspirasi atraksi Haunted Mansion.

Gambar pertama yang dibuatnya menampilkan seekor kuda dan gerobak di ujung jalan di samping kuburan dan rumah yang keras - meskipun tanpa ciri khas Walt Disney - di atas bukit di latar belakang. Gambar itu meresap ke kesenangan dan ketakutan Amerika yang unik yang diingat oleh penonton Disney dari The Legend of Sleepy Hollow pada tahun 1949, dan itu menginspirasi Walt untuk mengumpulkan para imajiner terbaiknya dan mewujudkan idenya.

Walt menjangkau legenda Disney lainnya — Imagineer Ken Anderson — untuk mengerjakan sebuah cerita berdasarkan konsep seni, dan narasi Haunted Mansion mulai terbentuk. 

Kemudian Walt mengumpulkan Imagineers Rolly Crump dan Yale Gracy dan membuat mereka merancang inovasi ilusi optik. Dia membebaskan Marc Davis dan Claude Coats merancang daya tarik.

Akhirnya, dia menugaskan X. Atencio yang hebat untuk menulis lirik musik Buddy Baker untuk “Grim Grinning Ghosts”. Bersama-sama, semua bintang Disney ini menciptakan perpaduan sempurna antara seram dan konyol yang akan menyenangkan penonton saat atraksi pertama kali dibuka untuk tamu pada tahun 1969.

 


Walt Disney Tak Sempat Melihat Atraksi Dibuka Pertama Kali

Disney Buat Ulang Haunted Mansion di Tangan Sutradara Pacific Rim
Guillermo del Toro menjelaskan bahwa ia telah mengerjakan naskah Haunted Mansion bersama pihak Disney beberapa waktu lalu.

Atraksi asli pertamanya akan ditetapkan di New Orleans Square, dan dengan demikian, mansion tersebut dirancang dengan gaya bayou Louisiana. Paul Frees memberikan narasinya, dan dengan semua elemen terpasang, perjalanan siap dibuka. Sayangnya, pada saat Haunted Mansion menyambut tamu pertamanya pada 9 Agustus 1969, Walt Disney sudah meninggal dunia. Namun demikian, daya tarik terbaru Disneyland langsung sukses, dan pengunjung taman menyukai wahana baru tersebut.

Tentu saja, hari-hari awal atraksi bukannya tanpa pengalaman mendebarkan! Salah satu yang paling terkenal adalah saat staf kustodian di Disneyland mendadak ketakutan saat mereka masuk untuk membersihkan tempat itu. Setelahpara  Imagineers pulang malam itu, mereka membiarkan atraksi dimatikan - atau begitulah yang mereka kira.

Ternyata seluruh atraksi diatur untuk menyala dan mulai berjalan saat seseorang tersandung sensor gerak. Ketika penjaga tiba larut malam untuk merapikan, mereka menjadi sangat ketakutan ketika semua hantu yang menyeringai muram itu tiba-tiba hidup kembali! Keesokan harinya, Imagineers mendapat telepon - "Kamu bisa membersihkan di sana sendiri mulai sekarang!"


Jadi Atraksi Disney Paling Diminati

Film Haunted Mansion
Film Haunted Mansion. (Dok. Disney)

The Haunted Mansion selalu menjadi salah satu atraksi Disney yang paling diminati. Tidak terlalu menakutkan atau terlalu konyol, itu hanyalah pokok dari setiap perjalanan Disney!

Itu penuh dengan sejarah Disney dan folklor kultural dan beberapa legenda Disney terbesar bekerja keras untuk menjadikannya kenyataan menyenangkan yang bisa kita alami hari ini.

Pada saat Disney's Imagineers tengah merancang dan menciptakan Haunted Mansion di Disneyland  California, pengembangan Magic Kingdom di Walt Disney World di Florida pun sedang berjalan.

Untuk membuat ulang daya tarik di taman Florida lebih mudah, semua elemen desain, set piece, dan properti dibuat dalam rangkap dua. Setelah semuanya diselesaikan dan ditempatkan di Disneyland, membangun kembali Magic Kingdom jadi lebih mudah. Tentu saja ada beberapa perubahan dan pembaruan pada versi Florida.

Misalnya, Haunted Mansion di Walt Disney World akan berlokasi di Liberty Square, bukan New Orleans Square. Oleh karena itu, tampilan rumah besar bergaya Louisiana Selatan mungkin terasa sedikit tidak pada tempatnya! Sebaliknya, para seniman lebih condong ke citra dan elemen desain New England dan karya penulis seperti Edgar Allen Poe. Di sinilah pengaruh Sleepy Hollow paling nyata.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya