Kala Menkes Budi Gunadi Titip Pesan ke Dokter Tompi, Penasaran Apa Ya?

Pesan Menkes Budi Gunadi Sadikin kepada dr Tompi terkait layanan kesehatan dan estetika.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 28 Okt 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2023, 17:00 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan Gedung T-Space at Bintaro 9 milik dr Tompi yang mengusung konsep “Where Collaboration, Creativity & Wellness meetunder one roof!” di Bintaro sektor 9 – Tangerang Selatan pada 21 Oktober 2023. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Tangerang Selatan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menitipkan pesan kepada dokter Tompi terkait layanan kesehatan dan estetika (wellnes and aesthetic). Bahwa kedua layanan ini harus maju dengan dukungan fasilitas yang mumpuni.

Tompi yang dikenal spesialis bedah plastik sekaligus penyanyi ini baru saja mendirikan Gedung T-Space at Bintaro 9, yang diresmikan Menkes Budi Gunadi pada 21 Oktober 2023. T-Space berlokasi di Bintaro sektor 9, Tangerang Selatan.

"Saya berkeinginan layanan kesehatan masyarakat naik, baik dari sisi layanan medis dan non medis. Non medis itu seperti gedung, fasilitas, antreannya. Yang non medis udah hebat (fasilitas T-Space)," ucap Budi Gunadi saat meresmikan Gedung T-Space Bintaro 9.

"Yang medis kan saya mesti denger dari pasiennya. Mudah-mudahan, bisa dibangun oleh dokter Tompi di sini. Sukses selalu dan ini akan menjadi contoh, bukan hanya di Indonesia tapi juga di Asia."

Sehat Dulu, Baru Pintar

Layanan kesehatan bagi Budi Gunadi akan sangat mendukung generasi muda di masa depan. Utamanya, mempersiapkan bonus demografi pada 2030.

"Betapa dosanya kita di puncak bonus demografi 2030 nanti, range-nya ya 2025 sampai 2035. Kalau itu enggak tembus, kita dosa ke anak cucu karena mereka seumur hidup akan middle income trap (jebakan pendapatan menengah),"

"Nah, gimana caranya supaya bisa tembus bonus demografi? Pendapatan $500 juta per bulan, sehat dulu baru pinter dan pendidikan mesti bagus."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jangan Sampai Masuk Rumah Sakit

Menkes Budi Gunadi Sadikin melanjutkan, generasi muda pada bonus demografi harus dipersiapkan sehat. Sebisa mungkin harus menjaga kesehatan agar tidak sampai sakit.

"Bonus demografi ini akan terjadi di generasi sesudah saya pensiun. Jadi harus benar-benar sehat. Kalau jangan sampai masuk rumah sakt. Sebagus apapun ruang bedahnya, masuk rumah sakit itu enggak ada yang suka," katanya.

"Siapa yang mau dibedah otak sama jantungnya? Ya kalau bedah hidung mungkin masih mau, bedah yang lain, terus cangkok gimana?"

Konsep Kesehatan dan Estetik Jadi Satu

Adapun T-Space at Bintaro 9 mengusung konsep, Where Collaboration, Creativity & Wellness meet under one roof! Beberapa tenant yang mewakili goals dan konsep dari tempat ini, yaitu Beyoutiful Aesthetic Center, Indonesia Sports Medicine Center(ISMC), dan El Profesor Steakhouse.

T-Space dijadikan sebagai tempat community building yang nantinya juga diharapkan akan menjadi wadah bagi para seniman untuk memamerkan karya-karya terbaiknya, menyelenggarakan pagelaran atau show, bahkan menjual karya-karya tersebut ke peminatnya.

"Kami siapkan ini juga 1,5 tahun, dokter bedah, urologi udah bergabung di sini. Konsep coworking untuk medical. Kami persiapkan untuk layanan estetiknya, harus ada restoran yang enak, dan pelayanan buat wellness dan estetik yang coba saya compact jadi satu," kata dr Tompi.


Pasien yang Datang Tidak Akan Bosan

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan Gedung T-Space at Bintaro 9 milik dr Tompi yang mengusung konsep “Where Collaboration, Creativity & Wellness meetunder one roof!” di Bintaro sektor 9 – Tangerang Selatan pada 21 Oktober 2023. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Menkes Budi Gunadi Sadikin turut menjajal fasilitas yang dimiliki T-Space at Bintaro 9. T-Space at Bintaro 9 memiliki area indoor dan outdoor juga membuka kesempatan bagi para penyelenggara acara mengadakan private atau public event, dari arisan, lamaran, wedding, brand activation dan lainnya.

Tidak hanya itu, T-Space at Bintaro 9 ini juga akan menyelenggarakan pagelaran musik rutin di tiap bulannya dan menjadi tempat untuk para penikmat musik dapat berkumpul.

“T-Space ini saya buat karena saya ingin punya satu tempat di mana semua yang ingin saya kerjakan ada. Itulah kenapa T-Space ini punya konsep satu gedung yang isinya bisa jadi gallery, creative hub sekaligus ada Beyoutiful Clinic, ISMC, dan El Profesor,” ungkap dr. Tompi.

“Jadi, harapannya pasien yang datang tidak akan bosan saat mereka menunggu untuk jadwal konsultasi atau operasi karena banyak yang mereka bisa eksplorasi di sini."

Wadah Kreatif sampai Kesehatan

Kehadiran T-Space at Bintaro 9 diharapkan agar masyarakat memiliki tempat untuk berkomunitas, menjalin kebersamaan, menjadi versi terbaik diri sendiri sekaligus menikmati cita rasa dan talenta-talenta kreatif mulai dari para musisi hingga para seniman yang akan dihadirkan di tempat ini.

“Saya juga berharap semoga tempat ini bisa jadi wadah kreatif, estetika, kesehatan, kuliner, sports, dan seni untuk warga Indonesia, khususnya warga Jakarta, Tangerang Selatan dan sekitarnya,” tutup Tompi.

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan
Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya