Losion Antinyamuk Bikin Kulit Iritasi, Hati-hati!

Masyarakat diimbau agar hati-hati menggunakan losion antinyamuk dalam jangka panjang karena bias merusak kulit

oleh Liputan6 diperbarui 04 Apr 2013, 20:00 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2013, 20:00 WIB
lotion130404c.jpg

Pakar Epidemologi Universitas Indonesia dr Tri Yunis Miko Wahyono mengimbau masyarakat berhati-hati menggunakan losion antinyamuk untuk mencegah penularan demam berdarah dengue karena penggunaan dalam jangka panjang akan berakibat pada kesehatan kulit
   
"Apabila ditinjau dari produk kimia, produk semacam losion jika dipakai secara terus-menerus akan menimbulkan iritasi kulit," katanya usai konferensi pers dan diskusi Kamis (4/4/2013).
   
Tri menilai bukan hanya kulit yang akan mengalami iritasi, tetapi juga nyamuk akan resisten terhadap obat yang dipakai untuk mengusirnya.

"Ada dua kemungkinan kalau kita menggunakan losion ataupun ’spray’ antinyamuk (obat nyamuk semprot), yaitu kita yang terkena penyakit, seperti iritasi serta nyamuknya yang resisten atau tambah kebal terhadap obat," katanya.

Dia menyarankan agar masyarakat membaca aturan pakai sebelum menggunakan losion atau obat antinyamuk semprot tersebut.
   
"Ini juga harus menjadi perhatian pemerintah, yakni pengawasan karena sebagian besar masyarakat pengguna losion adalah masyarakat menengah ke bawah," katanya. (Fit/Abd)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya