Innalillahi! Ayah Aulia Risma Lestari Mahasiswi PPDS Undip Meninggal Dunia di RSCM, Ini Penyebabnya

Ayah Aulia Risma Lestari, Mahasiswi PPDS Undip, Meninggal: Kronologi dan Penyebabnya!

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 27 Agu 2024, 11:46 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 11:44 WIB
Kemenkes Konfirmasi Ayah Mahasiswi PPDS Anestesi Undip Aulia Risma Lestari Meninggal Dunia
Kemenkes Konfirmasi Ayah Mahasiswi PPDS Anestesi Undip Aulia Risma Lestari Meninggal Dunia. Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Jakarta - Ayah dari dokter Aulia Risma Lestari, seorang mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesi Universitas Diponegoro (Undip), meninggal dunia. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Mohammad Syahril, pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Menurut Syahril, ayah dokter Risma, Moh. Fakhruri alias Ciko, menghembuskan napas terakhir pada Selasa dini hari, pukul 01.24 WIB, di RSCM Jakarta setelah menjalani perawatan intensif. Sebelumnya, beliau dirawat di RSUD Kardinah, Tegal, sebelum akhirnya dirujuk ke RSCM karena kondisinya yang terus memburuk.

Fakhruri diketahui menderita hematemesis melena atau muntah darah, yang akhirnya menyebabkan gagal napas dan mengakhiri hidup pria berusia 65 tahun tersebut.

Syahril juga menambahkan bahwa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah berkunjung ke rumah keluarga dokter Risma di Tegal untuk menyampaikan belasungkawa dan sempat menjenguk almarhum saat masih dirawat di RSUD Kardinah.

 

"Pak Menkes, berkunjung takziah ke rumah keluarga dokter Risma di Tegal untuk menyampaikan Bela sungkawa ke keluarga almarhumah. Sekalian Pak Menkes menjenguk ayah dokter Risma yang sedang dirawat di RS Kardinah, Tegal.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Drop Mendengar Putrinya Meninggal

Mahasiswi PPDS Undip Diduga Bunuh Diri Akibat Perundungan, Kemenkes Hentikan Sementara Prodi Anestesi RUSP Dr. Kariadi
Mahasiswi PPDS Undip Diduga Bunuh Diri Akibat Perundungan, Kemenkes Hentikan Sementara Prodi Anestesi RUSP Dr. Kariadi. Foto: Twitter @bambangsuling11.

Syahril juga menyampaikan, kondisi Fakhruri semakin drop atau menurun ketika mendengar putrinya yang sedang menjalani PPDS Anestesi di RS Kariadi meninggal dunia.

“Ayahnya drop mendengar berita dr Risma meninggal. Kemudian Menkes berkunjung Takziah bela sungkawa ke keluarga di Tegal sekalian besuk bapaknya yang sedang dirawat di RS Kardinah. Pak Menkes memfasilitasi untuk dirujuk dan dirawat di RSCM.”

Hingga berpulang, penanganan dan pengobatan Fakhruri difasilitasi oleh Kemenkes.

“Sampai meninggal difasilitasi oleh Kemenkes,” jelas Syahril.


Kasus Dokter Risma

Dekan FK Undip Konfirmasi Kebenaran Kasus Lama Perundungan PPDS, Senior Suruh Junior Makan 5 Bungkus Nasi Padang
Dekan FK Undip Konfirmasi Kebenaran Kasus Lama Perundungan PPDS, Senior Suruh Junior Makan 5 Bungkus Nasi Padang (23/8/2024). Foto: Tangkapan layar zoom FK Undip.

Sebelumnya, nama dokter Risma menjadi perbincangan setelah ditemukan meninggal di kamar kosnya usai menyuntikkan obat ke tubuhnya.

Tak sedikit yang menduga bahwa dokter PPDS di RS Kariadi itu bunuh diri usai mengalami perundungan dari senior.

Meski begitu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) Yan Wisnu Prajoko mengatakan bahwa kasus ini perlu pendalaman dan pihaknya tengah menunggu hasil investigasi.

“Dokter Risma itu menurut saya perlu pendalaman apakah kejadian yang menimpa almarhumah adalah perundungan," katanya.

"Apakah wafatnya dokter Risma ada kaitan langsung maupun tidak langsung dengan perundungan itu kita perlu menunggu hasil investigasi dari kepolisian,” ujar Yan dalam temu media di Kampus Undip dan disiarkan langsung melalui Zoom, Jumat (23/8/2024).


Kerap Izin Sakit Selama PPDS

Yan berkisah, semasa hidup, Risma memang kerap izin tidak mengikuti pendidikan karena sakit. Pihak Undip selalu mengizinkannya.

“Setiap mahasiswa PPDS, setiap anak, seperti kita punya anak lah, kita punya anak yang kuat, punya anak yang perlu perhatian. Kami sudah mengidentifikasi bahwa almarhumah itu perlu support khusus dan itu dikembangkan oleh teman-temannya,” papar Yan.

Yan menambahkan, semasa menjalani PPDS Risma kerap mengajukan surat izin sakit.

“Beliau (Risma) memang beberapa kali mengirim surat izin sakit, untuk tidak mengikuti pendidikan. Jadi, degan melihat inilah kami justru mengembangkan support. Dan semua pengajuan surat izinnya tidak ada yang tidak kami acc.”

Yan pun menegaskan bahwa meski kerap izin sakit tapi pihak FK Undip tidak pernah menjatuhkan sanksi apalagi drop out (DO).

“Kami malah memudahkan, monggo kalau memang butuh istirahat. Beliau dua kali operasi dan kami persilakan,” jelasnya.

Infografis 5 Alasan Kemenkes Datangkan Dokter Asing dan Payung Hukumnya. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 5 Alasan Kemenkes Datangkan Dokter Asing dan Payung Hukumnya. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya