Usia Bertambah, Asma pun Hilang

Satu dari lima anak-anak dapat mengatasi asma ketika usia mereka bertambah.

oleh Kusmiyati diperbarui 15 Agu 2013, 17:17 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2013, 17:17 WIB
asma-hilang-130815a.jpg
Anak-anak masih rentan terkena penyakit yang mengganggu pernapasan, namun ketika usia mereka bertambah hal ini dapat berubah.

Satu dari lima anak-anak dapat mengatasi asma ketika usia mereka bertambah dikutip Nytimes, Kamis (15/8/2013).

Penelitian dilakukan di Northern Sweden terkait Penyakit paru obstruktif, penelitian melibatkan 248 anak-anak penderita asma yang berusia 7 sampai 8 tahun.

Ketika mereka berusia 19 tahun, 21 persen diantaranya tidak memerlukan inhaler. Hal ini dicatat dalam Journal Pediatrics.

Gejala asma pada perempuan lebih kecil kemungkinannya daripada pria. Di usia remaja 14 persen perempuan kemungkinan terkena asma, dibandingkan laki-laki bisa mencapai 26 persen.

"Alasannya tidak jelas, kemungk9inan bisa berhubungan dengan faktor hormonal selama masa remaja," kata Dr Martin Andersson.

Ketika masih berada di usia anak-anak yang memiliki tingkat asma yang parah atau alergi terhadap hewan peliharaan berbulu dapat membaik saat remaja. Sebanyak 18 persen dapat terbebas dari asma ketika usia 19 tahun.

"Penelitian lebih lanjut akan segera dilakukan terkait hubungan asma pada anak terhadap hewan peliharaan seperti kucing atau anjing," kata Dr Andersson.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya