Periksa Pasien dengan Dokter Robot

Teknologi ini disebut dengan robot telepresence. Dengan bantuan robot, wajah dokter ada di dekat pasien.

oleh Melly Febrida diperbarui 19 Nov 2013, 14:01 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2013, 14:01 WIB
dokter-robot131119b.jpg
Dokter biasanya langsung mengunjungi pasien ketika perlu nasihat medis dalam keadaan darurat. Tapi, kini itu tak perlu lagi. Dengan bantuan robot, wajah dokter ada di dekat pasien.

Teknologi ini disebut dengan robot telepresence. Sudah banyak rumah sakit di California yang menggunakannya. Mesin video conference mobile ini berdiri di atas roda dan menggunakan layar dokter yang memproyeksikan wajah si dokter.

Lihat saja wajah Direktur Medis Mercy Telehealth Network, Dr Alan Shatzel di monitor robot RP-VITa di Mercy San Juan Hospital, di Carmichael, California, seperti dikutip Dailynews, Selasa (19/11/2013).

Dengan robot yang bisa dikendalikan dari jarah jauh ini memungkinkan dokter tak perlu ke rumah sakit untuk mendiagnosis pasien dan memberi nasihat medis dalam keadaan darurat.

Penggunaan robot telepresence memperluas akses dokter spesialis. Sudah hampi 1.000 rumah sakit di Amerika Serikat dan luar negeri yang menggunakan perangkat telemedicine InTouch. (Mel/Igw/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya