7 Jenis Wirausaha Sukses, Cocok untuk Kaum Muda

Jenis wirausaha sukses bisa diterapkan oleh para pemula.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 09 Apr 2021, 19:46 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2019, 15:00 WIB
Ilustrasi pengusaha perempuan
Ilustrasi pengusaha (Photo by Kobu Agency on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Jenis wirausaha sukses bisa diterapkan oleh para pemula. Bagi kamu fresh graduate atau masih bersekolah, berwirausaha adalah cara tepat menghasilkan uang. Banyak para fresh graduate memilih untuk menempa jalan mereka sendiri dengan memulai bisnis.

Memilih jenis wirausaha sukses untuk pemula bisa jadi penentuan penting. Dengan memilih jenis wirausaha sukses yang tepat kamu bisa mendapatkan masa depan cerah dari berwirausaha. Namun, bahkan bagi pikiran yang paling kreatif sekalipun, brainstorming ide untuk mencari konsep bisnis yang ideal sering kali merupakan tantangan terbesar.

Untuk memulai bisnis, kamu tidak hanya membutuhkan modal, tetapi juga harus riset yang tepat sebelum memulai bisnis baru. Meriset jenis wirausaha sukses jadi yang terpenting. Mengetahui jenis wirausaha sukses dapat menentukan jalan dan masa depan usahamu.

Untuk menentukan jenis wirausaha sukses, kamu hanya perlu keterampilan manajemen, operasional, dan pemasaran. Saat ini, bisnis nyata dapat diperluas dengan mengubahnya secara online. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk memulai usaha awalmu.

Berikut 7 jenis wirausaha sukses yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).


Social Media Manager

20151109-Ilustrasi Bisnis Media Online
Ilustrasi Bisnis Media Online (iStockphoto)

Kini semuanya serba media sosial. Platform online ini tak cuma digunakan untuk berinteraksi namun juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan ke depannya.

Media sosial dinilai sebagai cara praktis untuk mempromosikan sebuah usaha. Beberapa pengusaha seringkali harus mengurus pemasaran media sosial mereka sendiri.

Namun, dengan begitu banyak tanggung jawab lain, pemilik perusahaan mungkin terlalu sibuk untuk memunculkan strategi hebat pengelolaan media sosialnya. Di sini kamu bisa berperan dalam bisnis.

Kamu dapat membantu perusahaan menentukan taktik terbaik, jadwal posting, dan konten untuk audiens target klien tepat. Ide wirausaha ini cocok jika kamu memiliki latar belakang ilmu komunikasi atau marketing.


Kerajinan Tangan

Ilustrasi hadiah
Ilustrasi hadiah. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Jika kamu memiliki bakat merajut, merangkai sebuah benda atau membuat kreasi unik dan menarik sebagai hadiah, kamu bisa menjadikannya peluang untuk berwirausaha. Jika kamu bisa menghasilkan banyak item dengan cepat, kamu dapat membuka toko online dan menjual kreasimu ke publik.

Kamu juga bisa mengkhususkan bisnis homemademu ini lebih spesifik lagi. Contohnya bisnis hadiah wisuda seperti boneka atau buket. Bisa juga kerajinan tangan khusus interior rumah atau item fashion kustom.


Kuliner

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Kuliner tak dapat diragukan lagi, menjadi peluang bisnis bagi tiap kalangan. Kuliner merupakan jenis wirausaha sukses yang dilakukan banyak orang.

Jika kamu memiliki keahlian atau hobi memasak, kamu akan berhasil di industri ini. Banyak bentuk bisnis kuliner yang bisa kamu pilih. Bentuk ini seperti bisnis katering, bakery, kafe, hingga masakan daerah.

Kamu juga bisa memanfaatkan tren kekinian untuk bisnis kuliner kekinian. Konsep yang menarik dan unik juga penting dibangun untuk menjadikan usahamu memiliki branding tersendiri.


Fashion

Ilustrasi fashion
Ilustrasi fashion. (Foto: Free-Photos from Pixabay)

Sama populernya seperti kuliner, bisnis fashion juga menjadi jenis wirausaha sukses lainnya. Banyak kaum muda yang memulai bisnis fashion dan sukses di kemudian hari. Kamu bisa mencoba untuk memulai bisnis clothingan dari awal.

Ada banyak bisnis clothingan yang bisa kamu coba. Ini seperti bisnis sablon kaos atau fashion wanita. Bisnis ini tak hanya terbatas pada pakaian, kamu juga bisa menjual sepatu dan aksesoris lainnya. Produk-produk berkualitas tinggi yang dikombinasikan dengan keterampilan pemasaran yang hebat adalah kunci keberhasilan usahamu.


Desain Grafis

Ilustrasi bisnis desain
Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)

Jika kamu punya bakat desain grafis, jangan pernah sia-siakan. Kamu bisa menggunakan bakatmu untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan dapat dibagikan untuk bisnis dan outlet media. Kamu juga bisa mengajak temanmu yang punya bakat serupa untuk membangun usaha.

Desain grafis merupakan jenis komunikasi visual yang sangat penting dalam pemasaran. Harga dari desain grafis sendiri pun tak main-main jika mengedepankan orisinalitas dan kualitas. Banyak bisnis kecil yang bisa kamu manfaatkan dari desain grafis. Kamu bisa menawarkan branding profesional, seperti logo, spanduk, dan konten media sosial.


Bisnis Gadget

Cara Mudah Bedakan Ponsel Android Asli dan Palsu
Ilustrasi gadget

Gadget menjadi kebutuhan penting saat ini. Perkembangan gadget yang terus melejit membuat bisnis gadget jadi peluang wirausaha untuk mencapai kesuksesan. Kamu bisa membuka usaha gadget dengan berkerjasama pada produsen terpercaya. Tak cuma gadget, kamu juga bisa menyediakan aksesoris yang pastinya juga dibutuhkan konsumen.

Sebut saja usaha case ponsel. Dengan sedikit modal kamu bisa memulai usaha ini secara online. Jangan lupa juga usaha pulsa dan paket internet yang hingga saat ini masih menjadi usaha yang menjanjikan.


Bisnis Penerjemahan

[Fimela] Milenial dan Bisnis
Ilustrasi Bisnis penerjemahan | pexels.com/@hillaryfox

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, kamu bisa menjadi penerjemah jurnal atau artikel luar. Bisnis terjemahan menyediakan layanan terjemahan untuk berbagai jenis dokumen. Bisnis ini memastikan bahwa makna dan konteks materi tidak berubah dari dokumen asli, dan memastian ejaan dan tata bahasa telah sesuai.

Usaha ini bisa dimulai dari modal kecil. Kamu bisa membuka jasa penerjemahan online yang profesional. Bisnis yang menyediakan layanan terjemahan bisa menjadi bisnis kecil yang sempurna untuk para pemula.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya