8 Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Mudah dan Bisa Terbang Lama

Kumpulan cara membuat pesawat dari kertas.

oleh Laudia Tysara diperbarui 13 Jun 2022, 09:45 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2022, 09:45 WIB
Pesawat model Steath
Ilustrasi membuat pesawat dari kertas. (Sumber: hgtv.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menciptakan prakarya pesawat terbang dari kertas bukan hal yang sulit dan ini bermanfaat untuk motorik anak, loh. Bagaimana cara membuat pesawat dari kertas tersebut?

Ada delapan cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dilakukan. Delapan cara membuat pesawat dari kertas ini akan menghasilkan model pesawat yang berbeda-beda.

Mulai dari bentuk trapesium, segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan lainnya. Bagaimana cara membuat pesawat dari kertas yang bisa terbang dalam waktu lama?

Tips cara membuat pesawat dari kertas yang bisa terbang dalam waktu lama adalah usahakan melipat dengan simetris (lebar sisi satu dengan sisi yang lain sama) dan kencang lipatannya.  

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam delapan cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, Senin (13/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Mudah dan Bisa Terbang Lama

Pesawat dari Kertas
Ilustrasi membuat pesawat dari kertas. (Sumber: artofmanliness.com)

1. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Hunter

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai lipat kertas menjadi dua secara vertikal sehingga membentuk lipatan tengah.

- Buka lipatan kertas dan lipat tepi atas ke dalam 2, kemudian lipat tepi atas ke dalam lagi untuk memenuhi bagian bawah lipatan sebelumnya.

- Lipat tepi atas ke dalam sekali lagi sebagai cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama untuk memenuhi bagian bawah lipatan sebelumnya.

- Lipat tepi atas ke dalam dan menjauh dari Anda ke garis tengah di bagian belakang kertas, kemudian lipat pesawat menjadi dua ke arah Anda.

- Mulai dari bagian atas hidung pesawat yang tebal, lipat sayap ke bawah 1/2 di depan dan sedikit miring ke 1 1/2 di belakang. Lipat tepi sayap 1/2 .

- Tambahkan selotip ganda ke bagian dalam tubuh sebagai penyelesaian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama.

2. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Harrier

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai dengan lipat kertas menjadi dua memanjang, lalu buka.

- Lipatan ini akan menghasilkan lipatan lurus di tengah kertas yang berguna sebagai acuan untuk lipatan selanjutnya.

- Lipat dua sudut di atas kertas ke dalam sehingga bertemu di lipatan tengah. Jika sudah, lipatan tersebut akan membentuk segitiga.

- Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, lipat segitiga tersebut ke bawah sehingga menyerupai amplop.

- Pastikan menyisakan setengah inci atau lebih di bagian bawah segitiga untuk dilipat bersama ke bawah dan jangan sampai titik atas bertemu dengan tepi bawah secara merata.

- Dalam bentuk amplop, cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah lipat kembali dua sudut di atas sehingga bertemu di tengah.

- Nantinya ada sedikit sisa kertas berbentuk segitiga kecil yang ada di bawah lipatan ini.

- Lipat segitiga kecil itu ke atas sebagai penahan lipatan sebelumnya. Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, lipat menjadi dua, tetapi pastikan melipatnya ke luar, bukan ke dalam seperti sebelumnya.

- Lipat sayap ke bawah sehingga ujungnya bertemu dengan tepi bawah pesawat. Ulangi di sisi lain sebagai penyelesaian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama.

3. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Steath

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai lipat kertas menjadi dua secara vertikal sehingga membentuk lipatan tengah.

- Buka lipatan kertas dan lipat setiap sudut atas ke garis tengah.

- Setelah membentuk segitiga, lipat segitiga tersebut ke dalam dan 3/4 dari bagian bawah kertas. Bentuknya akan seperti amplop nantinya.

- Lipat kedua sudut atas ke garis tengah. Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama bagian ini, nantinya ada sedikit sisa kertas berbentuk segitiga kecil yang ada di bawah lipatan ini.

- Lipat segitiga kecil yang tersisa tadi di atas lipatan sebelumnya untuk menguncinya lipatan tersebut.

- Lipat pesawat menjadi dua ke arah luar. Lipat sayap ke bawah 1 dari bagian bawah pesawat. Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, lipat sisi setiap sayap setinggi 1/2.

- Potong dua celah kecil di bagian belakang setiap sayap, kemudian lipat dan selesaikan cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama degan tambahkan selotip ganda ke bagian dalam tubuh.

4. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Bullnose

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai lipat sudut kanan atas ke sisi kiri, buat lipatan dari atas kertas ke sudut kanan bawah.

- Buka lipatan kertas dan ulangi di bagian sudut kiri, kemudian buka lipatan kertas lagi dan lipat sudut kanan atas untuk memenuhi lipatan yang dibuat dari lipatan pertama.

- Lipat sudut kiri ke atas untuk memenuhi lipatan dari lipatan kedua. Lipat tepi kanan atas hingga memenuhi tepi lipatan dari langkah 3. Ulangi cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama bagian ini untuk sisi lainnya.

- Lipat tepi atas ke dalam untuk bertemu dengan titik di mana lapisan kanan dan kiri bersilangan.

- Lipat pesawat menjadi dua ke luar. Dari hidung pesawat, lipat tepi sayap ke bawah sedikit miring, 1/2 di depan hingga sekitar 2 di belakang.

- Tambahkan selotip ganda ke bagian dalam tubuh sebagai penyelesaian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama.


Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Mudah dan Bisa Terbang Lama

Pesawat dari Kertas
Ilustrasi membuat pesawat dari kertas. (Sumber: artofmanliness.com)

5. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Bumble

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai lipat kertas menjadi dua secara horizontal.

- Buka lipatan kertas dan lipat setiap sudut atas ke garis tengah, kemudian lipat sedikit bagian yang membentuk segitiga ke dalam untuk memenuhi tepi lipatan sebelumnya.

- Lipat sisi atas ke garis tengah. Lipat tepi atas 1/2 dari Anda. Lipat pesawat menjadi dua ke arah luar.

- Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, lipat sayap ke bawah 1/2 dari bagian bawah pesawat.

- Tambahkan selotip ganda ke bagian dalam tubuh sebagai penyelesaian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama.

6. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Glinder

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai melipat kertas menjadi dua hingga membentuk segitiga sama sisi di bagian atas kertas.

- Lipat bagian segitiga sama sisi ini ke bawah dengan sedikit ruang yang dilebihkan hingga membentuk segitiga terbalik.

- Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama buat lagi segitiga sama kaki yang ditimpakan pada segitiga sebelumnya.

- Lipat bagian lancip segitiga terbalik ke atas.

- Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, lipat kertas ke belakang menjadi dua bagian simetris, lalu lipat lagi untuk membuat sayap pesawat.

7. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Silke

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai melipat kertas menjadi dua untuk menciptakan garis imajiner di bagian tengah kertas.

- Lipat seperempat bagian atas kertas ke bawah. Lipat lagi bagian ujung kanan dan kirinya ke tengah hingga membentuk trapesium kemudian ambil bagian tengan trapesium dan lipat ke bawah.

- Balik kertas, kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama lipat lagi bagian setengah trapesium ke bawah dan buka kembali. Lipat menjadi dua bagian simetris.

- Pada bagian trapesium, buat kepala pesawat dengan melipat bagian tengah kertas sampai membentuk dua trapesium kecil di bagian depan dan belakang.

- Buat sayap pesawat berdasarkan kepala tersebut sebagai penyelesaian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama.

8. Cara Membuat Pesawat dari Kertas yang Model Canard

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama adalah mulai menempatkan kertas dalam posisi vertikal.

- Kemudian buat garis vertikal di tengah kertas dengan cara melipat kertas secara simetris dan membukanya kembali.

- Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, melipat ujung kanan atas dan ujung kiri atas kertas ke tengah, kemudian balik kertas.

- Lipat lagi ujung kanan dan ujung kiri kertas hingga bertemu di garis tengah. Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, buka lipatan pertama pada bagian belakang kertas hingga membentuk belah ketupat di bagian atas kertas.

- Ambil bagian tengah belah ketupat dan lipat kertas ke bawah.

- Kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama, lipat kembali ke atas hingga membentuk dua sayap kecil di bagian kepala pesawat.

- Lipat kertas ke belakang secara simetris, kemudian cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan bisa terbang lama buat bagian sayap belakang dengan melipat bagian kanan dan kiri kertas.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya