Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Penjelasan Lengkapnya

ASEAN adalah singkatan dari Assocciation of Southeast Asian Nations.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 14 Feb 2023, 15:11 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2023, 15:55 WIB
Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi ASEAN (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN yang ada pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah. Assocciation of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi regional di Asia Tenggara yang diresmikan pada 8 Agustus 1967.

Anggota ASEAN terdiri dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Kemudian mengalami perkembangan hingga ada penambahan kelima negara tersebut adalah Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Laos.

Negara Indonesia menjadi salah satu anggota ASEAN, tentu memiliki peran besar dalam segala bidang khususnya ekonomi. Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN ini sangat penting untuk dipelajari.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa peran Indonesi dalam bidang ekonomidi ASEAN yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (13/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal ASEAN

Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi ASEAN. (Gunawan Kartapranata/Creative Commons)

ASEAN merupakan organisasi regional di Asia Tenggara yang resmi berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh pemimpin-pemimpin dari lima negara (founding nations), yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Kemudian, berkembang menjadi sepuluh negara yaitu Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Laos.

ASEAN didirikan dengan tujuan untuk menciptakan stabilitas di Asia Tenggara. Sejak terbentuk dari tahun 1967, ASEAN akhirnya resmi menjadi organisasi internasional dengan berhasil disusunnya ASEAN Charter pada tahun 2003.

Keanggotaan ASEAN memiliki beragam konflik terutama yang berkaitan dengan kejahatan transnasional seperti pembajakan kapal laut oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina, human trafficking ke Eropa yang terjadi di Thailand dengan menggunakan jalur laut, penyelundupan narkotika dari Taiwan menuju Indonesia melalui Selat Malaka, dan lain sebagainya, serta konflik terorisme jatuhnya kota Marawi di Kepulauan Mindanao Filipina di tangan ISIS.


Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN

Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi bendera negara anggota ASEAN. (Gambar oleh Thuận Tiện Nguyễn dari Pixabay )

Apa peran Indonesia dalam bidang  ekonomi di ASEAN adalah sebagai berikut ini:

a. Menginisiasi Terbentuknya The ASEAN Framework for Equitable Economic Development (AFEED)

Perbedaan tingkat ekonomi di ASEAN dipandang sangat penting dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN oleh Indonesia. Hal tersebut menjadi landasan Indonesia untuk membentuk The ASEAN Framework for Equitable Economic Development dengan upaya-upaya seperti menembatani kesenjangan pembangunan di ASEAN, penguatan sumber daya manusia di ASEAN, peningkatan kesejahteraan sosial, dan membuka ruang partisipasi yang lebih besar dalam proses integrasi yang direncanakan oleh para anggota ASEAN.

Disamping itu, dalam framework yang digagas Indonesia tersebut dibahas konsep financial inclution. Konsep ini merupakan konsep dimana masyarakat menengah kebawah mendapatkan akses terhadap perbankan semakin besar sehingga terhindar dari para rentenir (Loan Sharks). Program ini sangat cocok untuk negara-negara yang akan baru berkembang seperti Kamboja, Laos, Myammar, Vietnam melalui bantuan teknis negara-negara ASEAN lainnya dan dimana dalam program ini Indonesia merupakan salah satu kontributor.

b. Indonesia dalam The ASEAN Framework for Regional Comprehensive Economic Partnership

Banyaknya kerjasama Free Trade Area (FTA) di internal ASEAN dan juga dengan beberapa mitra wicara ASEAN, Para pemimpin ASEAN sepakat untuk membuat suatu Framework atau konsep yang tepat untuk FTA baik intra ASEAN, FTA ASEAN plus 1, Ataupun ASEAN plus 3. Maka dibentuknya The ASEAN Framework for Regional Comprehensive Economic Partnership yang mendapat consensus dari para pemimpin negara-negaraASEAN dan dibentuk pada saat Indonesia memimpin ASEAN.

Dalam The ASEAN Framework for Regional Comprehensive Economic Partnership terdapat rencana terhadap sektor-sektor tertentu agar integrasi ekonomi di ASEAN berjalan dengan lancar. Sektor tersebut antara lain yakni perdagangan barang, jasa, dan investasi dan juga pembentukan tim pengawas terhadap ketiga sektor tersebut.

Kelompok kerja tersebut juga akan mengkaji hasil dalam penerapan The ASEAN Framework for Regional Comprehensive Economic Partnership dan akan dilaporkan setiap tahunnya kepada para pemimpin negara-negara ASEAN.


Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN

Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi ASEAN (sumber: freepik)

c. Lumbung Padi ASEAN

Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi ASEAN yang berikutnya adalah sebagai lumbung padi ASEAN. Negara Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian. Selain Thailand dan Vietnam, Indonesia membantu menyediakan cadangan pangan bagi negara-negara yang menjadi anggota ASEAN.

d. Terbentuknya MEA

Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN yang selanjutnya adalah terbentuknya MEA. MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community yang merupakan komunitas ekonomi ASEAN. MEA memiliki tujuan untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara menjadi sebuah pasar bersama/pasar tunggal (single market) dan basis produksi. Dengan implementasi MEA diharapkan Asia Tenggara akan menjadi kawasan yang berdaya saing dan dinamis, memiliki pembangunan yang merata dan setara serta mempercepat keterpaduan ekonomi di kawasan Asia Tenggara dan dengan kawasan di luar Asia Tenggara (ASEAN). MEA ini juga digunakan sebagai salah satu wujud peran Indonesia dalam menjalin kerja sama ekonomi antar negara ASEAN dengan menggunakan sistem perdagangan bebas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya