Komprehensif adalah Suatu Hal yang Bersifat Luas dan Lengkap, Kenali Penggunaannya

Komprehensif adalah suatu hal yang bersifat menyeluruh.

oleh Husnul Abdi diperbarui 10 Mei 2023, 14:06 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 14:06 WIB
Komprehensif adalah
Komprehensif adalah. Photo by fauxels from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Komprehensif adalah istilah yang mungkin sudah cukup sering terdengar. Namun, banyak orang masih belum memahami makna dari kata ini. Pasalnya, kata komprehensif ini merupakan serapan dari bahasa Inggris.

Istilah komprehensif ini mungkin sering kamu dengar saat mendengarkan berita maupun membaca koran. Komprehensif adalah sebuah kata sifat yang dapat mengacu pada sifat seseorang atau menjelaskan keterangan tentang suatu hal yang dilakukan orang tersebut.

Komprehensif adalah suatu hal yang bersifat menyeluruh. Istilah ini digunakan dalam berbagai bidang, di mana maknanya tentu akan menyesuaikan konteks yang sedang dibicarakan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui pengertian hingga contoh penggunaan kata komprehensif ini agar bisa menggunakannya dengan benar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021) tentang komprehensif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komprehensif adalah

Komprehensif adalah
Komprehensif adalah Credit: pexels.com/Dunn

Komprehensif adalah istilah yang mungkin masih belum dipahami maknanya oleh banyak orang. Bagi kamu yang bergerak di dunia akademisi dan profesional mungkin akan lebih sering mendengar kata ini dan tentu lebih memahami penggunaannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komprehensif adalah bentuk kata sifat yang asalnya dari kata serapan bahasa Inggris “comprehensive”, yang artinya luas, menyeluruh, teliti dan meliputi banyak hal. Istilah komprehensif digunakan untuk menyatakan keadaan di mana sesuatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap dan luas serta memberikan wawasan yang lebih.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada tiga pengertian dari komprehensif. Pengertian pertama, komprhensif adalah bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik. Kedua, komprehensif adalah luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi). Ketiga, komprehensif adalah mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas. Makna komprehensif yang berbeda-beda ini tentunya harus dipahami sesuai konteks yang sedang dibahas.

Sederhananya, banyak orang memahami istilah komprehensif adalah mewakili sesuatu yang dilihat dengan kacamata lebih luas dan menyeluruh. Misalnya saja, pembahasan yang dilakukan secara komprehensif adalah pembahasan yang dilakukan secara lebih luas dan menyeluruh.

Namun, tidak hanya luas dan menyeluruh, sebetulnya komprehensif adalah istilah yang memiliki banyak padanan kata. Misalnya saja global, lengkap, universal, ensiklopedis, ekstensif, teliti, dan masih banyak lagi. Pola pikir komprehensif bisa juga dipahami sebagai mampu menciptakan pengetahuan sedalam-dalamnya.


Penggunaan Komprehensif di Berbagai Bidang

Bidang Filsafat

Dalam bidang filsafat, berpikir secara komprehensif adalah sebuah cara di mana orang bisa melihat suatu hal secara lengkap meliputi berbagai aspek. Melalui cara berpikir filosofis ini, orang bisa menangkap dan memahami secara menyeluruh. Hingga bagian terkecil, sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, komprehensif adalah penanganan terhadap pasien yang dilakukan secara menyeluruh, diawali sejak pendeteksian penyakit sampai proses penyembuhan.

Bidang Ilmu Akuntansi

Istilah komprehensif dalam akuntansi biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu proses atau prinsip membuat laporan keuangan. Termasuk laporan laba dan rugi yang dilakukan secara menyeluruh supaya bisa melakukan penilaian yang lebih baik. Hal ini juga dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode akuntansi.

Bidang Pelayanan

Penggunaan istilah komprehensif di bidang pelayanan memiliki makna untuk memberikan secara menyeluruh. Mencakup upaya preventif (mencegah), promotif (promosi), kuratif (mengobati/mengatasi), dan rehabilitatif bagi pelanggan atau masyarakat yang membutuhkan.

Bidang Kepemimpinan

Berpikir komprehensif akan sangat bermanfaat bagi kehidupan terutama bila dikembangkan. Manfaat dari memiliki pola pikir komprehensif adalah akan melahirkan sikap proaktif. Tanpa sikap proaktif, seorang pemimpin tak bisa menjalankan kepemimpinan secara efektif dan efisien.


Contoh Kalimat dengan Istilah Komprehensif

Penelitian
Ilustrasi Media Credit: unsplash.com/Kim

Untuk bisa memahami lebih dalam tentang istilah komprehensif ini, kamu bisa memperhatikan beberapa contoh contoh berikut ini:

1. Rumah Sakit Umum Tanah Abang Jakarta menyediakan layanan komprehensif kepada pasien korban tabrak lari.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif tersebut adalah Rumah Sakit Umum Tanah Abang Jakarta memberikan pelayanan secara menyeluruh. Melalui upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi pasien korban tabrak lari.

2. Berita komprehensif yang disiarkan oleh stasiun televisi XX akhirnya membuat masyarakat memahami masalah kesenjangan sosial secara umum.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif di atas adalah laporan tentang suatu fakta yang disajikan secara utuh. Serta dikaji menyeluruh, dari berbagai aspek untuk menghasilkan suatu kesimpulan.

3. Perusahaan Portalmana melaporkan keuntungan komprehensif yang diperoleh di tahun 2021.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif ini yaitu keuntungan perusahaan. Secara detail menjelaskan adanya pengaruh berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan. Misalnya keuntungan dari perubahan nilai tukar mata uang.

4. Seluruh universitas di Indonesia harus mengadakan ujian komprehensif bagi seluruh mahasiswa semester akhir.

Maksud kalimat dengan istilah komprehensif ini yaitu ujian yang meliputi seluruh aspek di bidang ilmu tertentu. Melalui ujian ini bisa dilihat apakah seorang mahasiswa layak untuk lulus atau tidak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya