4 Jenis Suara Sirene Ambulans yang Jarang Diketahui, Ini Makna Tiap Bunyinya

Tak banyak yang tahu bahwa setiap bunyi sirine ambulance punya makna yang berbeda-beda.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 24 Mei 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi - Ambulans RSUD Goeteng Taroenadibrata, Purbalingga. Sebanyak 25 tenaga kesehatan di RSUD Goeteng terpapar Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab Purbalingga)
Ilustrasi - Ambulans RSUD Goeteng Taroenadibrata, Purbalingga. Sebanyak 25 tenaga kesehatan di RSUD Goeteng terpapar Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab Purbalingga)

Liputan6.com, Jakarta Ambulans merupakan kendaraan yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit atau korban kecelakaan. Fungsi utama mobil ambulans adalah untuk membawa pasien dari satu lokasi ke rumah sakit.

Ambulans dilengkapi dengan sirene dan lampu rotator darurat (biasanya berwarna merah atau merah biru) agar dapat menembus kemacetan lalu lintas. Pada hakikatnya, sirene merupakan alat untuk membuat suara yang berdengung keras. 

Namun, dalam aturannya, sirene ambulans hanya diizinkan untuk dibunyikan saat menjemput pasien. Setelah pasien dibawa di dalam mobil, maka dalam perjalanan ke rumah sakit sopir ambulans tidak diizinkan menghidupkan sirene, hanya lampu rotator saja.

Rupanya jenis suara dari ambulans tak cuma satu suara, teryata pada tiap ambulans terdapat jenis suara sirine yang berbeda-beda. Seperti dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter Sinta Soemardijono.

Dalam video tersebut, dijelaskan makna tiap suara sirene ambulans. Apa saja? Berikut Liputan6.com ulas dari akun Twitter @Sintamahalona, x jenis suara sirene ambulans beserta maknanya, Rabu (14/7/2021).

 


1. Mirip Palang Kereta Api

Ilustrasi mobil ambulans (Pixabay)
Ilustrasi mobil ambulans (Pixabay)

Akhir-akhir ini pasti banyak mendengar suara sirene ambulans, baik di jalan atau yang rumahnya dekat dengan akses menuju rumah sakit. Ternyata suara sirene ambulans berbeda-beda lho, dari pelan sampai yang bikin ribut. Mari simak yang pertama.

Jenis yang pertama, bunyinya mirip palang kereta api. Suaranya terdengar lambat. Bunyi seperti ini, menandakan ambulans sedang atau akan menjemput pasien.


2. Tempo Terdengar Lebih Cepat

Ilustrasi: ambulans sedang membawa pasien untuk dirawat di rumah sakit. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Ilustrasi: ambulans sedang membawa pasien untuk dirawat di rumah sakit. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto)

Video yang telah ditonton sebanyak 14,6 ribu kali itu menjelaskan jenis bunyi sirene ambulance yang kedua. Jenis kedua, temponya terdengar lebih cepat.

Menurut laman itu, suara tersebut menandakan ambulans tengah membawa pasien, namun kondisinya tidak darurat.


3. Frekuensi Paling Cepat

Ilustrasi ambulans
Ilustrasi ambulans/foto: Pixabay

Ketiga, frekuensi suara sirene akan lebih cepat yang menandakan ambulans sedang membawa pasien dengan kondisi gawat darurat. Video ini juga telah menerima 940 likes dari pengguna Twitter.

 


4. Frekuensi Paling Lambat dan Unik

Ambulans milik dinkes Provinsi Sulawesi Tengah
Ilustrasi: Ambulans milik Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah yang disiagakan mengantar jemput pasien covid-19. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Keempat, frekuensi suara yang lebih lambat dari sirene pertama. Bahkan mempunyai frekuensi paling lambat dan terdengar unik. Suara ini biasa digunakan oleh ambulans saat membawa jenazah.

Sekarang sudah tahu kan makna di setiap bunyi ambulans. Dengan demikian, bisa menjadi petunjuk bagi pengguna jalan kapan harus minggir dan memberi jalan untuk ambulans.

 


Simak videonya berikut:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya