4 Doa Agar Menang Lomba, Baca Sebelum Bertanding

Selain meminta agar menang, doa agar menang lomba juga menjadi permohonan agar kemenangan yang diraih diberkahi serta dapat mendatangkan kebaikan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 23 Mei 2023, 17:40 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 17:40 WIB
Ilustrasi Penghargaan, Kejuaraan, Piala
Ilustrasi Penghargaan, Kejuaraan, Piala. Kredit: Arek Socha (qimono) via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi peserta lomba. Membaca doa agar menang lomba sebelum bertanding dapat menjadi bentuk afirmasi positif yang juga memberi energi tambahan pada peserta lomba.

Selain meminta agar menang, doa agar menang lomba juga menjadi permohonan agar kemenangan yang diraih diberkahi serta dapat mendatangkan kebaikan. Berdoa sebelum melakukan berbagai hal memang dianjurkan untuk dilakukan muslim, temasuk sebelum mengikuti lomba.

Dengan membaca doa agar menang lomba, pertandingan yang dijalani akan memiliki nilai ibadah gersendiri. Berikut doa agar menang lomba yang dianjurkan untuk dibaca sebelum bertanding, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. QS. Al-Baqarah Ayat 250

Olimpiade 2020 - Ilustrasi Medali
Olimpiade 2020 - Ilustrasi Medali (Bola.com/Adreanus Titus)

Kemenangan diperoleh dengan usaha dan kerja keras. Sebagai muslim segala usaha juga harus diimbangi dengan doa. Salah satu doa agar menang lomba terdapat pada QS. Al-Baqarah ayat 2050 berikut.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin’.

Artinya: Aduhai Ilahi kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan bantulah kami terhadap orang-orang kafir.

2. QS. Al-Fath Ayat 1 Sampai 3

Doa agar menang lomba dalam Al-Quran lainnya terdapat pada QS. Al-Fath ayat 1 sampai 3 berikut.

اِنَّا فَتَحۡنَا لَكَ فَتۡحًا مُّبِيۡنًالِّيَـغۡفِرَ لَكَ اللّٰهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡۢبِكَ وَ مَا تَاَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعۡمَتَهٗ عَلَيۡكَ وَيَهۡدِيَكَ صِرَاطًا مُّسۡتَقِيۡمًاوَّ يَنۡصُرَكَ اللّٰهُ نَصۡرًا عَزِيۡزًا

Inna fatahna laka fat han mubina, liyoghfiro lakallahuma takodda min zambika wa maa ta’akhoro wa yutimma ni’matahu alayka wa yahdiyaka siroo tommustakii maa wayan surokallahu nasron aziiz.

Artinya: Sesungguhnya kami telah membentangkan bagimu kemenangan yang gemilang. Agar dia mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu dan yang akan datang. Dan menyempurnakan nikmat-Nya atasmu. Dan dia memberi petunjuk di jalan yang lurus. Dan Allah akan memberikan pertolongan kepadamu dengan pertolongan yang mulia.


3. Doa Agar Menang Lomba

Cerdas Cermat
Ilustrasi lomba cerdas cermat tingkat pelajar SMP. Credits: pexels.com by Thirdman

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as’aluka muujibati rahmatik wa azaaima maghfiratik wal ghanimata min kulli birrin was salamata min kulli ismin. laa tada’ li dzanban illa ghafartah wa laa hamman illa farrajtah wa laa hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.


4. Doa Meminta Kemudahan

Cuma Pakai Kaus Kaki, Pria Ini Menangi Lomba Lari 23 Kilometer
Membaca doa agar menang lomba juga dapat dilakukan dengan meminta kemudahan selama pertandingan (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK/AFP)

Membaca doa agar menang lomba juga dapat dilakukan dengan meminta kemudahan selama pertandingan, seperti dalam doa berikut.

أللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَانَحْنُ فِيْهِ وَمَا نَطْلُبُـهُ وَنَرْتَجِيْـهِ مِنْ رَحْمَتِكَ فِي أَمْرِنَا كُلِّهِ فَيَسِّرْ لَنَا مَا نَحْنُ فِيْهِ مِنْ سَفَرِنَا وَمَا نَطْلُبُهُ مِنْ حَوَائِجِـنَا وَقَرِّبْ عَلَيْنَا الْمَسَافَاتِ وَسَلِّمْنَا مِنَ الْعِلَلِ وَاْلآفَاتِ وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّـنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma innaka ta’lamu maa nahnu fiihi wa maa nathlubuhu wa tarjiihi min rohmatika fii amrinaa kullihi fayassir lanaa maa nahnu fiihi min safarinaa wa maa nathlubuhu min hawaaijinaa wa qorrib ‘alainaal masaafaati wa sallimnaa minal ‘ilali wal afaati wa laa taj’alid dunyaa akbaro hamminaa wa laa mablagho ‘ilminaa wa laa tusallith’alainaa man laa yarhamunaa birohmatika ya arhamar rohimiina wa shollallohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa sohbihi wa sallama.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui keadaan yang sedang kami hadapi, permintaan dan harapan kami dari pada rahmat-Mu dalam semua urusan kami.

Maka permudahkanlah urusan kami di dalam perjalanan kami dan apa yang kami minta dari keperluan-keperluan kami. Dekatkanlah jarak perjalanan kami, selamatkanlah kami dari segala penyakit dan kerusakan. Janganlah Engkau jadikan dunia ini sebesar-besar keinginan kami dan setinggi-tinggi harga ilmu kami.

Janganlah Engkau kuasakan ke atas kami orang yang tidak menyayangi kami dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihani! Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan keselamatan atas junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya