12 Manfaat Ubi Jalar sebagai Pengganti Nasi, Kaya Nutrisi Penting

Ubi jalar kaya karbohidrat dan serat.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 08 Jun 2023, 22:40 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 22:40 WIB
Ubi Jalar
Ubi Jalar (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ubi jalar sangat baik dikonsumsi setiap hari. Ubi jalar termasuk sumber karbohidrat dengan vitamin dan mineral. Manfaat ubi jalar adalah sumber serat, potasium, vitamin, dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Ubi jalar bisa menjadi pilihan untuk sumber karbohidrat. Umbi ini bisa ditemukan dalam berbagai ukuran dan warna ermasuk oranye, putih, dan ungu. Manfaat ubi jalar adalah salah satu cara terjangkau untuk mendapat asupan nutrisi. 

Manfaat ubi jalar juga sangat mudah ditemukan dan diolah. Ia bisa direbus, dipanggang, dibakar, atau dikukus. Manfaat ubi jalar bisa meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat ubi jalar didapat dari antioksidannya yang kuat. Berikut manfaat ubi jalar sebagai sumber karbohidrat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(18/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels
ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels

Kaya serat

Manfaat ubi jalar kaya akan serat makanan. Satu ubi jalar (130g) menyediakan sekitar 4 gram serat. Serat penting untuk kesehatan pencernaan, mencegah sembelit dan penyakit serius, seperti kanker usus besar. Ubi jalar mengandung dua jenis serat: larut dan tidak larut. Beberapa jenis serat larut yang dikenal sebagai serat kental menyerap air dan melunakkan feses.

Kaya antioksidan

Ubi jalar kaya akan antioksidan, termasuk vitamin A dan vitamin C. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Kerusakan radikal bebas terkait dengan banyak kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurodegeneratif.


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

ilustrasi sistem pencernaan/pixabay
ilustrasi sistem pencernaan/pixabay

Baik untuk pencernaan

Kandungan serat dalam ubi jalar dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan untuk saluran pencernaan yang sehat. Serat dan antioksidan dalam ubi jalar juga bermanfaat untuk kesehatan usus.

Baik untuk penglihatan

Manfaat ubi jalar bisa membantu meningkatkan kesehatan mata. Nutrisi pada ubi jalar yang paling kuat adalah karotenoid. Mereka termasuk alpha-carotene, beta-carotene, lutein, dan zeaxanthin. Beta-karoten dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh dan digunakan untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata.

Mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten, seperti ubi berdaging oranye, dapat membantu mencegah masalah penglhatan. Ubi jalar ungu juga memiliki manfaat terhadap penglihatan. SAnthocyanin yang mereka sediakan dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan.

 


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Ilustrasi kinerja otak (unsplash)
Ilustrasi kinerja otak (unsplash)

Sehatkan otak

Manfaat ubi jalar mengandung senyawa yang membantu fungsi otak termasuk kolin dan mangan. Kolin adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, serta sintesis neurotransmitter asetilkolin yang mengirimkan pesan antar sel. Mangan juga penting untuk kesehatan otak. Ini mengikat neurotransmiter dan membantu menggerakkan impuls listrik melalui tubuh lebih cepat.

Tingkatkan kekebalan

Seratus gram ubi jalar mengandung sekitar 2,4 mg vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan. Vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi. Asupan vitamin C yang rendah dapat meningkatkan risiko anemia defisiensi besi.


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Efektif dalam Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah
Ilustrasi Alat Kesehatan Credit: pexels.com/Cycles

Kontrol gula darah

Manfaat ubi jalar bisa membantu menjaga gula darah. Ini berkat serat dan karbohidrat di dalamnya. Ubi ungu memiliki efek menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya ini kemungkinan karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Sehatkan jantung

Kandungan serat yang tinggi dari ubi jalar dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk), membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Manfaat ubi jalar juga tinggi kalium, yang bekerja seimbang dengan natrium dalam tubuh untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Mereka juga mengandung tembaga, logam penting untuk membuat sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung.


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Hipertensi
Ilustrasi Pemeriksaan pada Lansia Credit: pexels.com/Gunjan

Turunkan tekanan darah

Manfaat ubi jalar juga kaya kalium yang bermanfaat untuk tekanan darah. Satu porsi 124 g ubi jalar tumbuk menyediakan 259 miligram kalium. Semakin banyak kalium yang dimakan, semakin banyak natrium yang hilang melalui urin. Kalium juga membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, yang membantu menurunkan tekanan darah lebih lanjut.

Cegah kanker

Ubi jalar adalah sumber yang kaya antioksidan penangkal kanker, terutama di bagian kulitnya. Mereka juga memiliki sifat anti kanker. 80% Protein dalam ubi jalar adalah jenis protein penyimpanan yang dikenal sebagai sporamin. Protein unik ini telah dipelajari untuk kemampuan anti kanker dan terbukti efektif dalam beberapa jenis penyakit.


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Ubi jalar
Ubi jalar (sumber: iStockphoto)

Kurangi peradangan

Kehadiran antosianin dan kolin dalam ubi jalar menjadikan umbi ini sumber makanan penting dalam pencegahan dan pengurangan peradangan kronis dalam tubuh. Ubi jalar mengandung kolin, nutrisi yang membantu pergerakan otot, pembelajaran, dan memori. Ini juga mendukung sistem saraf.

Bantu turunkan berat badan

Serat makanan pada ubi jalar membantu penurunan berat badan dengan membentuk jaring seperti gel di perut. Ini membuat tubuh merasa kenyang, menahan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan. Ubi jalar ternyata sangat rendah kalori. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi penurunan berat badan adalah menjaga keseimbangan kalori.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya