10 Manfaat Kopi untuk Wajah Serta Cara Membuatnya dengan Cepat dan Aman

Ada beberapa manfaat masker kopi untuk kulit wajah, khususnya untuk mengangkat sel kulit mati.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 10 Jun 2023, 16:10 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2023, 16:10 WIB
10 Manfaat Kopi untuk Wajah, Ketahui Cara Membuatnya dengan Cepat dan Praktis
Ilustrasi Manfaat Kopi/copyright shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kopi untuk wajah dipercaya memiliki khasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak awet muda. Beberapa merek produk perawatan kulit bahkan turut menambahkan ekstrak kopi ke dalam produk mereka. Selain itu, manfaat kopi untuk wajah juga memiliki beragam kegunaan lain bagi kesehatan kulit wajah.  

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat diolah menjadi masker yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Masker kopi dapat dibuat dengan cara memadukan bubuk kopi dengan bahan pelarut seperti minyak zaitun, kemudian dioleskan ke permukaan kulit wajah selama beberapa menit.

Nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam masker kopi akan menyerap ke dalam kulit, sehingga mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta melembutkan dan mencerahkan kulit.

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat kopi untuk wajah dan cara membuatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (22/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Kopi untuk Kulit Wajah

10 Manfaat Kopi untuk Wajah, Ketahui Cara Membuatnya dengan Cepat dan Praktis
Ilustrasi Masker Kopi Credit: pexels.com/Ryne

Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai campuran kopi dalam pembuatan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi kaya akan kandungan antioksidan alami yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi untuk kulit wajah:

1. Membuat wajah tampak awet muda

Manfaat kopi untuk wajah yang pertama adalah untuk membuat wajah tampak awet muda. Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jika kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih, tanda penuaan pun akan lebih cepat muncul.

Antioksidan juga mampu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit tetap terasa kencang. Selain itu, kandungan kafein dalam bubuk kopi juga dapat membuat kulit lebih kencang.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak bubuk kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan agar kulit tetap terlindungi.

3. Menenangkan kulit wajah

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah menenangkan kulit wajah. Kopi memang dapat memberikan efek stimulasi bagi tubuh saat dikonsumsi. Namun, saat dijadikan sebagai masker kopi, kandungan antioksidannya mampu menenangkan kulit wajah sehingga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

4. Merawat kulit berjerawat

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah merawat kulit berjerawat. Kopi memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat merawat kulit berjerawat. Selain itu, antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit.

5. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Selain itu, butiran bubuk kopi juga mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Hal ini membuat masker kopi baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar.


Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

10 Manfaat Kopi untuk Wajah, Ketahui Cara Membuatnya dengan Cepat dan Praktis
Masker kopi untuk wajah. (Foto: shutterstock.com)

6. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah menghaluskan kulit wajah. Selain membuat wajah menjadi kusam, sisa sel kulit mati di wajah juga membuat wajah menjadi kasar. Untungnya, masker kopi juga berfungsi menghaluskan kulit wajah. Coba menyentuh wajah Anda setelah menggunakan masker kopi dan rasakan manfaatnya. 

7. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat masker kopi untuk wajah yang selanjutnya yaitu untuk menyamarkan bekas jerawat. Terkadang, bekas jerawat lebih menyebalkan daripada jerawat itu sendiri. Noda hitam atau kemerahan yang ditinggalkan membuat wajah jadi kurang mulus. Untuk menyamarkannya, Anda bisa menggunakan masker kopi yang dicampur dengan madu. Dijamin bekas jerawat pun akan memudar.

8. Menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata

Manfaat kopi untuk wajah yang selanjutnya adalah menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Tidak hanya wajah kusam yang sering jadi keluhan para perempuan, lingkaran hitam di bawah mata juga jadi salah satu hal yang paling sering mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa membuat kopi tanpa gula, lalu gunakanlah ampasnya dan oleskan di bawah mata. Lakukan dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

9. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori wajah yang besar biasanya menyebabkan wajah berminyak yang bisa menimbulkan komedo dan juga jerawat. Nah, menggunakan masker kopi secara rutin dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah sekaligus mengecilkan pori-pori. Komedo dan jerawat pun akan menjauh dari wajah Anda.

10. Bekerja sebagai antioksidan

Kopi dikenal dengan kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Masker kopi dapat mengatasi masalah kulit wajah yang diakibatkan oleh sinar UV dan juga radikal bebas.


Cara Membuat dan Menggunakan Masker Kopi

10 Manfaat Kopi untuk Wajah, Ketahui Cara Membuatnya dengan Cepat dan Praktis
ilustrasi Manfaat Kopi. (Foto: unsplash.com)

Membuat masker kopi sendiri di rumah terbilang mudah dan praktis, Anda dapat mencampurkan beberapa sendok bubuk kopi dengan pelarut alami yang bersifat nonkomedogenik, seperti minyak zaitun. Selanjutnya, oleskan ke wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 10–30 menit. Setelah itu, bilas masker kopi dengan air hangat.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari menggosok masker kopi saat membilasnya karena dapat menyebabkan iritasi, ruam, atau kemerahan pada kulit. Penggunaan masker kopi cukup satu atau dua kali dalam seminggu dan tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari.

Pastikan pula masker kopi yang Anda gunakan selalu segar atau baru dibuat guna mencegah hadirnya bakteri yang justru dapat merusak kulit wajah. Namun perlu diingat, masker kopi bukanlah satu-satunya perawatan kulit wajah yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda dan sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, Anda juga dapat memilih masker atau produk perawatan kulit yang mengandung asam laktat, asam glikolik, retinol, maupun asam hyaluronik.

Apapun maskernya, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Apabila Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi setelah menggunakan masker kopi, segera hentikan atau konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya