Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Munculnya Komedo

Cara mencegah komedo bisa dilakukan dengan menjaga pola makan.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 11 Jun 2023, 08:20 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 08:20 WIB
Makanan Pencegah Munculnya Komedo
Komedo

Liputan6.com, Jakarta Komedo merupakan bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit dan merupakan cikal bakal dari tumbuhnya jerawat. Pada dasarnya komedo terbentuk akibat sumbatan pori-pori kulit. Sumbatan ini terjadi karena penumpukan minyak dan sel kulit mati. Banyak faktor yang menyebabkan komedo muncul. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan pola makan yang tidak sehat.

Makanan ternyata memiliki peran penting pada terbentuknya komedo di wajah. Bahkan, perawatan wajah yang sudah dilakukan secara maksimal bisa jadi tidak memberikan hasil yang signifikan bila kamu tetap memilih makanan yang tidak tepat.

Makanan merupakan salah satu penyebeb munculnya komedo dikarenakan bisa mempengaruhi kelenjar bawah kulit. Ada beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi terbentuknya lemak pada kelenjar lemak bawah kulit. Pemilihan makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan produksi lemak bawah kulit menjadi berlebihan.

Nah, kalau kamu terus-menerus melakukan kebiasaan buruk ini, maka tak heran kalau komedo mudah muncul walaupun kadar hormon sedang normal atau kondisi kulit sedang bebas jerawat.

Untuk itu, pentingnya memilih jenis makanan yang tepat untuk menjaga produksi kelenjar bawah kulit. Selain mencegah munculnya komedo, pemilihan makanan yang tepat dan sehat juga membantu keefektivitasan perawatan wajah. Berikut ini Liputan6.com, Rabu (17/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang bisa bantu mencegah munculnya komedo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Brokoli

Makanan Pencegah Munculnya Komedo
Brokoli / Sumber: iStokphoto

Siapa yang tak mengenal segudang khasiat yang dihasilkan oleh brokoli untuk kesehatan tubuh? Tak hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata sayuran hijau ini juga bisa menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya banyak kandungan di dalam brokoli yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi pada brokoli dapat membantu melawan kerusakan kulit serta bisa membuat kulit menjadi semakin cerah. Adanya kandungan glukorafanin pada brokoli mampu untuk meregenerasi kulit yang rusak. Jadi, untuk menghindari masalah wajah seperti komedo, kamu bisa secara rutin mengonsumsi brokoli ini.


Alpukat

Makanan Pencegah Munculnya Komedo
Alpukat | via: thepotassiumprincess.com

Selain sayur, ada juga buah-buahan yang dipercaya bisa membantu mencegah munculnya komedo. Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi kapan saja dengan berbagai macam bentuk olahan.

Alpukat bisa bantu mencegah munculnya komedo karena di dalamnya mengandung vitamin E dan C yang berguna untuk mengurangi peradangan pada tubuh dan membantu mencegah terbentuknya komedo.

Selain itu, manfaat alpukat untuk menjaga kesehatan kulit adalah bisa melembapkan kulit, sehingga kulit terhindar dari komedo.


Anggur Merah

Makanan Pencegah Munculnya Komedo
Buah anggur (Sumber: iStockphoto.com)

Selain alpukat, buah lainnya yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mencegah munculnya komedo adalah anggur merah. Buah ini sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya komedo di wajah. Tak hanya daging buahnya, biji anggur merah juga memiliki senyawa kimia alami yang bisa memberikan dampak baik untuk kulit yang meradang.


Aneka Kacang

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Makanan lainnya yang bisa bantu mencegah munculnya komedo adalah kacang-kacangan. Pada kacang terdapat beraneka ragam nutrisi seperti kalium, kalsium, vitamin E, selenium, magnesium, zat besi, dan tembaga yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan ini juga bisa bantu mencegah terjadinya komedo, serta dapat melindungi kulit agar tetap sehat.


Air Putih

Makanan Pencegah Munculnya Komedo
Ilustrasi air putih. (pexels.com/CC0 License).

Khasiat air putih untuk tubuh memang tak perlu diragunakan lagi. Sudah diketahui apabila kamu kekurangan asupan cairan dari air putih maka akan memunculkan beragam masalah kesehatan. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untu memenuhi kebutuhan cairannya.

Selain baik untuk kesehatan, air putih juga memiliki dampak positif untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan kulit terdiri dari sel-sel yang terbentuk oleh air. Jadi, apabila tubuh kamu dehidrasi, kulit akan menjadi kering dan kencang.

Mendapatkan asupan cairan yang cukup, dapat menghilangkan racun berbahaya di dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kulit. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan dengan air putih secara tidak langsung juga dapat mencegah munculnya komedo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya