Wirausaha adalah Mengolah Kreativitas dan Inovasi dengan Keberanian, Pahami Manfaatnya

Wirausaha adalah usaha yang menuntut kreativitas, inovasi, dan keberanian.

oleh Laudia Tysara diperbarui 18 Jun 2023, 02:00 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 02:00 WIB
Ilustrasi diskusi | mentatdgt dari Pexels
Ilustrasi diskusi | mentatdgt dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Wirausaha adalah usaha yang menuntut kreativitas, inovasi, dan keberanian. Wirausaha bisa dilakukan oleh siapa saja, asal memiliki jiwa tangguh dan tidak mudah menyerah. Sebab wirausaha tak sekadar memiliki peluang berhasil tinggi, risiko gagalnya juga tinggi.

Menurut para ahli, wirausaha adalah tak sekadar membutuhkan kreativitas, inovasi, dan keberanian. Melainkan harus mampu mengelola sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, dan prosesnya. Bisa dikatakan, wirausaha adalah bekerja dengan pikiran sekaligus komitmen maju tanpa mundur meski gugur.

Wirausaha sebenarnya lebih kuat jika dilakukan dengan beberapa orang. Meski sebenarnya bisa dilakukan perorangan, wirausaha yang demikian risiko gagalnya lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena kreativitas dan inovasi dari banyak sumber daya lebih kuat dari pada milik satu orang saja.

Berikut Liputan6.com ulas wirausaha adalah mengolah kreativitas dan inovasi dengan keberanian dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wirausaha Menurut Ahli

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

Raymond

Wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Kasmir

Wirausaha adalah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

Peter F Drucker

Wirausaha adalah sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda.

Kathleen

Menjelaskan bahwa wirausaha adalah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

Stein dan John F. Burgess (1993:35)

Menurut Stein dan John F. Burgess wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Ahmad Sanusi (1994)

Wirausaha adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Zimmerer (1996)

Menurut Zimmerer wirausaha adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.


Wirausaha

Ilustrasi Diskusi
Ilustrasi diskusi | (dok. Piixabay.com/Putu Elmira)

Wirausaha adalah bekerja dengan kreativitas dan invosi yang dibarengi dengan keberanian. Kreativitas ini digunakan seorang wirausaha untuk menemukan peluang. Sementara inovasi digunakan untuk memecahkan sebuah masalah.

Memiliki kreativitas dan inovasi saja tidak cukup dalam berwirausaha. Keberanian harus disematkan pula di dalamnya. Tanpa memiliki keberanian maju dan menerima risiko, wirausaha adalah omong kosong saja.

Pada dasarnya, keberanian digunakan untuk mewujudkan kreativitas dan inovasi. Keberanian juga yang membuat wirausaha adalah dapat dijalankan, dikelola, diorganisir, dan memiliki hasil. Konon katanya, seorang wirausaha adalah sosok yang bisa jatuh kapan saja dan bisa lebih gagah dari yang lainnya.

Risiko menjadi seorang wirausaha lebih tinggi dari sekadar menjadi karyawan biasa yang menerima gaji sama setiap bulan. Wirausaha adalah kegiatan yang membuat seseorang harus siap kehilangan dan menanggung tanggung jawab lebih besar. Hal inilah yang membuat keberanian, tekad, dan jiwa tangguh harus dimiliki seorang wirausahawan.


Model Wirausaha

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

Proses Pelaksanaan

Ada beberapa faktor personal yang menjadi pemicu pelaksanaan sebuah bisnis. Faktor-faktor tersebut seperti komitmen tinggi akan bisnis dan adanya visi kedepan untuk mencapai keberhasilan.

Proses Pertumbuhan

Proses pertumbuhan didukung dua faktor, yaitu faktor organisasi dan lingkungan. Faktor organisasi seperti adanya tim yang kompak dalam menjalankan usaha, strategi yang baik, organisasi yang terstruktur, dan produk yang dibanggakan.

Sedangkan faktor lingkungan seperti adanya unsur persaingan bisnis, bantuan dari investor, dan ada sumber-sumber yang bisa dimanfaatkan.

Proses Inovasi

Akan mendorong keiginan seseorang untuk berwirausaha.

Proses Pemicu

Ada 2 faktor pemicu kewirausahaan, yaitu personal dan sosial. Faktor personal adalah faktor yang berasal dari diri sendiri seperti PHK, dorongan usia, tidak puas dengan usaha yang dijalankan saat ini, dan lain sebagainya.

Sedangkan faktor sosial berasal dari pengaruh lingkungan sekitar, seperti hubungan atau relasi dari orang lain, dorongan orang tua, dan lain sebagainya.

 


Tahap Berwirausaha

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

Pertama

Tahap ini untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Diawali melihat peluang usaha baru yang paling mungkin, seperti membuka usaha baru, melakukan akuisisi atau franchising, serta memilih jenis usaha yang akan dilakukan.

Kedua

Tahap ini untuk memulai berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, seperti pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi. Selain itu, juga berkaitan dengan kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, serta melakukan evaluasi.

Ketiga

Tahap ini yaitu melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang sedang dan akan dihadapi.

Keempat

Apabila hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan, atau mungkin bisa bertahan, maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang bisa saja diambil demi kemajuan usaha.


Manfaat Berwirausaha

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

Menumbuhkan Kemampuan Manajerial

Manfaat terbesar dan paling signifikan dari kewirausahaan adalah membantu mengidentifikasi dan mengembangkan bakat manajerial. Sebab pengusaha sukses harus belajar banyak keterampilan dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu keterampilan tersebut adalah seni membuat keputusan. Sebagai seorang wirausaha, hendaknya melakukan pertimbangan, analisis, dan mencari alternatif terbaik.

Tingkatkan Standar Hidup Masyarakat

Faktor penting dari kewirausahaan adalah membantu memenuhi semua kebutuhan dan kemewahan pelanggan di masyarakat. Pengusaha bisa meluncurkan produk dan layanan yang tujuannya memenuhi keinginan pelanggan, meski itu bukan barang atau jasa umum.

Dengan terpenuhinya keinginan pelanggan, maka berdampak pada standar hidup anggota masyarakat yang ikut meningkat menjadi lebih baik.

Pembangunan Ekonomi

Seorang wirausahawan memiliki peran yang sangat penting di dalam perekonomian nasional. Mereka adalah tonggak pembangunan ekonomi suatu negara. Bahkan wirausahawan tidak hanya investasi modalnya sendiri, namun turut menarik modal dari pasar.

Wirausahawan memanfaatkan tabungan tersebut dengan produktif, lalu memobilisasi dan mengubahnya jadi sumber daya yang produktif. Kemudian, sumber daya atau modal keuangan yang terkumpul tersebut adalah dasar terciptanya kekayaan di perekonomian.


Jenis-Jenis Wirausaha

Ilustrasi diskusi | Moose Photos dari Pexels
Ilustrasi diskusi | Moose Photos dari Pexels

Social Media Manager

Kini semuanya serba media sosial. Platform online ini tak cuma digunakan untuk berinteraksi namun juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan ke depannya.

Media sosial dinilai sebagai cara praktis untuk mempromosikan sebuah usaha. Beberapa pengusaha seringkali harus mengurus pemasaran media sosial mereka sendiri.

Kerajinan Tangan

Jika kamu memiliki bakat merajut, merangkai sebuah benda atau membuat kreasi unik dan menarik sebagai hadiah, kamu bisa menjadikannya peluang untuk berwirausaha. Jika kamu bisa menghasilkan banyak item dengan cepat, kamu dapat membuka toko online dan menjual kreasimu ke publik.

Kamu juga bisa mengkhususkan bisnis homemademu ini lebih spesifik lagi. Contohnya bisnis hadiah wisuda seperti boneka atau buket. Bisa juga kerajinan tangan khusus interior rumah atau item fashion kustom.

Kuliner

Kuliner tak dapat diragukan lagi, menjadi peluang bisnis bagi tiap kalangan. Kuliner merupakan jenis wirausaha sukses yang dilakukan banyak orang.

Jika kamu memiliki keahlian atau hobi memasak, kamu akan berhasil di industri ini. Banyak bentuk bisnis kuliner yang bisa kamu pilih. Bentuk ini seperti bisnis katering, bakery, kafe, hingga masakan daerah.

Fashion

Sama populernya seperti kuliner, bisnis fashion juga menjadi jenis wirausaha sukses lainnya. Banyak kaum muda yang memulai bisnis fashion dan sukses di kemudian hari. Kamu bisa mencoba untuk memulai bisnis clothingan dari awal.

Desain Grafis

Jika kamu punya bakat desain grafis, jangan pernah sia-siakan. Kamu bisa menggunakan bakatmu untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi dan dapat dibagikan untuk bisnis dan outlet media. Kamu juga bisa mengajak temanmu yang punya bakat serupa untuk membangun usaha.

Bisnis Gadget

Gadget menjadi kebutuhan penting saat ini. Perkembangan gadget yang terus melejit membuat bisnis gadget jadi peluang wirausaha untuk mencapai kesuksesan. Kamu bisa membuka usaha gadget dengan berkerjasama pada produsen terpercaya. Tak cuma gadget, kamu juga bisa menyediakan aksesoris yang pastinya juga dibutuhkan konsumen.

Bisnis Penerjemahan

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, kamu bisa menjadi penerjemah jurnal atau artikel luar. Bisnis terjemahan menyediakan layanan terjemahan untuk berbagai jenis dokumen. Bisnis ini memastikan bahwa makna dan konteks materi tidak berubah dari dokumen asli, dan memastian ejaan dan tata bahasa telah sesuai.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya