7 Doa Setelah Belajar dan Artinya, Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat

Simak bacaan doa setelah atau sesudah belajar dan artinya agar anda diberikan ilmu yang bermanfaat.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 12 Jul 2023, 15:40 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2023, 15:40 WIB
7 Doa Setelah Belajar dan Artinya, Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat
Seorang anak berdoa setelah belajar Al-Quran selama bulan suci Ramadan di Jammu Kashmir Al Fallah Yateem Trust, Srinagar, India, Kamis (7/5/2020). Para ulama dan otoritas agama setempat mendesak warga untuk beribadah di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (AP Photo/Dar Yasin)

Liputan6.com, Jakarta Doa setelah belajar dan artinya penting untuk dilafalkan ketika sudah selesai belajar. Belajar dan menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap orang. Bukan hanya dapat mencapai nilai akademik, namun belajar juga dilakukan untuk meraih ilmu yang bermanfaat.

Untuk bisa meraihnya, anda harus mengamalkan doa setelah belajar dan artinya serta doa sebelum belajar. Dengan belajar maka seseorang akan lebih bijaksana dalam bersikap dan mengambil setiap keputusan.

Dalam Islam, belajar dan menuntut ilmu tidak ada batasan usianya. Asalkan masih diberi napas dan umur panjang, maka seseorang wajib hukumnya untuk belajar. Menjelang belajar, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan disunnahkan memanjatkan doa setelah belajar dan artinya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa setelah belajar dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Setelah Belajar Secara Umum dan Artinya

7 Doa Setelah Belajar dan Artinya, Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat
Santri berdoa sebelum kegiatan belajar dalam kelas di Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi (PeTIK) di Rangkapan Jaya, Pancoran Mas Depok, Jawa Barat, Senin (31/10/2022). Setiap tahunnya 50 santri dari seluruh Indonesia belajar secara gratis mengenai komputer, program dan jaringannya di Pesantren Teknologi untuk dhuafa ini yang sumber pendanaannya berasal dari potongan gaji karyawan PLN dan dikelola Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN. (merdeka.com/Arie Basuki)

Berikut ini bacaan doa setelah belajar dan artinya yang sering dipanjatkan oleh umat Muslim dari berbagai kalangan, yang berbunyi:

سُبْحاَنَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْك

Arab Latin: Subhaanaka allahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya: "Maha suci Engkau, saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, saya mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu"

2. Doa Setelah Belajar Agar Diberi Ilmu yang Bermanfaat

Selain bacaan doa setelah belajar dan artinya di atas, berikut bacaan doa setelah belajar agar diberi ilmu yang bermanfaat adalah:

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Arab Latin: Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa’una wa zidna 'lman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi."


3. Doa Setelah Belajar Agar Memperoleh Ilmu yang Benar

7 Doa Setelah Belajar dan Artinya, Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat
Seorang anak berdoa saat kegiatan belajar mengajar di teras rumah di Depok, Jawa Barat, Senin (16/8/2021). Beragam kegiatan seperti mengaji, menggambar, belajar mewarnai dan lain-lain di masa pandemi dengan menerapkan prokes ini dalam rangka mengisi waktu luang anak-anak. (merdeka.com/Arie Basuki)

Setelah belajar disunnahkan untuk membaca doa setelah belajar dan artinya, agar anda memperoleh ilmu yang benar. Berikut bacaannya:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Arab Latin: Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya."

4. Doa Setelah Belajar Agar Selalu Ingat

Tak hanya bacaan doa setelah belajar agar diberi ilmu yang bermanfaat dan benar, anda juga bisa memanjatkan doa setelah belajar dan artinya agar selalu diberi daya ingat yang tinggi. Berikut bacaannya:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Arab Latin: Allaahumma innii istaudi'uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam."


5. Doa Setelah Belajar Agar Ditambahkan Ilmu Pengetahuan

7 Doa Setelah Belajar dan Artinya, Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat
Doa setelah melakukan aktivitas sehari-hari, agar lebih berkah.

Adapun bacaan doa setelah belajar dan artinya agar ditambahkan ilmu pengetahuan oleh Allah SWT, yakni:

Arab Latin: Allahumma fa’naa bimaa allamtanaa wa’llimnaal ladzzi yanfa’unaa a zidnaa ilmaa walhamdulilaahi alaak kulli haallin

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kami kemanfaatan bagi apa yang telah Engkau ajarkan pada kami. Ya Allah ajarkanlah pada kami sesuatu yag bermanfaaat bagi kami dan tambahkanlah ilmu pada kami segala puji hanya milik Allah pada setiap saat.”

6. Doa Sesudah Belajar dan Artinya

Berikut ini bacaan doa sesudah atau selesai belajar dan artinya agar selalu ilmu yang bermanfaat, yakni:

اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab latin: Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalan mutaqobbalan.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang tidak tertolak."


7. Doa Mudah Menghafalkan Ilmu

Dikutip dari Kitab Perukunan Melayu Besar oleh Syekh Muhammad Arsyad Banjar, menjelaskan bacaan doa agar mudah menghafalkan ilmu adalah sebagai berikut:

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Arab Latin: Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a Dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn. Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn. Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.

Artinya: “Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya