Pria Ini Jadi Orang Pertama yang 'Dikubur' di Bulan, Dijatuhkan Bersama Pesawat

Akan ada jasa pemakaman di bulan

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 29 Agu 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2023, 16:30 WIB
Orang Pertama yang Dikubur di Bulan
Pria Ini Jadi Orang Pertama yang Dikubur di Bulan (Sumber: USGS Public Domain via Atlas Obscura. AZ Central)

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai jenis pemakaman yang dilakukan umat manusia di bumi. Mulai dari disemayamkan di dalam tanah, dibakar, hingga dimakamkan di sebuah gua. Tak banyak orang tahu, ternyata ada orang yang dimakamkan di bulan. Dialah Eugene Merle Shoemaker, orang pertama dan satu-satunya dikuburkan di Bulan. 

Eugene Merle Shoemaker lahir pada 28 April 1928, dan selama hidupnya, ia mencapai karir yang sangat terkenal dengan menggabungkan dua disiplin ilmu utama, yaitu geologi dan astronomi, yang pada akhirnya membentuk bidang ilmu planetologi. Awalnya fokus pada geologi, Shoemaker mempelajari berbagai kawah di Bumi.

Pada awal tahun 1960-an, ia mendirikan Program Penelitian Astrogeologi di Survei Geologi Amerika Serikat. Langkah ini memungkinkannya mengaplikasikan pengetahuannya dalam melatih para astronot misi Apollo, memberikan panduan tentang kondisi permukaan Bulan dan medan yang akan mereka temui.

Dilansir Liputan6.com dari Atlas Obscura, (29/8/2023), Shoemaker semula bermimpi menjadi ahli geologi pertama yang berjalan di permukaan Bulan. Namun niatnya tidak dapat terwujud karena penyakit Addison yang dideritanya. Meskipun begitu, dia tetap berkontribusi besar dengan melatih astronot seperti Neil Armstrong untuk misi Apollo awal. 


Meninggal Karena Tugas Penelitian Kawah Meteor

Orang Pertama yang Dikubur di Bulan
Pria Ini Jadi Orang Pertama yang Dikubur di Bulan (Sumber: AZ Central)

Tragedi menimpa Eugene Shoemaker saat ia meninggal dalam kecelakaan mobil pada 18 Juli 1997. Ia sedang menjelajahi kawah meteor di Australia, sebuah kegiatan yang sangat dia cintai. Setelah kematiannya, Carolyn Porco mengusulkan konsep unik untuk menghormatinya. Ide ini mengarah pada pengiriman abu Eugene Shoemaker ke Bulan.

Pada tanggal 6 Januari 1998, NASA meluncurkan wahana antariksa Lunar Prospector menuju kutub selatan Bulan. Tujuannya adalah untuk mencari tanda-tanda es dan membawa setetes abu Eugene Shoemaker. Abu ini ditempatkan dalam kapsul yang dihiasi dengan plakat kuningan yang mencantumkan nama dan tanggal kelahirannya. Pada akhirnya, abu Shoemaker dibawa ke permukaan Bulan.

Misi Lunar Prospector berakhir pada tanggal 31 Juli 1999 ketika NASA dengan sengaja menghantarkan wahana tersebut ke permukaan Bulan. Hal ini menjadikan Eugene Shoemaker sebagai individu pertama yang dimakamkan di luar planet Bumi.


Inspirasi Jasa Pemakaman di Bulan

Orang Pertama yang Dikubur di Bulan
Pria Ini Jadi Orang Pertama yang Dikubur di Bulan (Sumber: USGS Public Domain)

Bertahun-tahun setelahnya, berbagai perusahaan mulai menawarkan layanan pengiriman abu orang tercinta ke luar angkasa. Meskipun ada persaingan dalam industri ini, hal tersebut tidak mengkhawatirkan Eugene Shoemaker, yang merasa bahwa persaingan adalah tanda adanya minat yang besar dalam pasar ini.

Selain itu, ada rencana untuk mengirimkan abu lebih banyak individu ke Bulan. Perusahaan Celestis merencanakan pengiriman sisa-sisa 50 orang, termasuk Mareta West, ahli geologi bulan NASA yang turut berkontribusi dalam mengidentifikasi lokasi pendaratan Apollo, serta pencipta Star Trek, Gene Roddenberry.

 Rencana ini akan dilaksanakan melalui misi Peregrine Mission One oleh perusahaan Astrobotic, yang mendarat di Bulan pada akhir tahun 2022.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya