4 Fakta Hotel Milik Cristiano Ronaldo Jadi Tempat Pengungsian Korban Gempa Maroko

Sempat beredar rumor hotel milik Cristiano Ronaldo jadi tempat pengungsian korban gempa Maroko. Namun, hal itu segera dibantah oleh pihak hotel.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 12 Sep 2023, 17:45 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2023, 17:45 WIB
FOTO: Mencicipi Menu Makanan di Restoran Milik Cristiano Ronaldo
Restoran milik Cristiano Ronaldo bernama CR7 Corner Restaurant and Bar terdapat di lantai dasar Hotel Pestana CR 7. Ronaldo membangun bisnis pariwisata itu di kota kelahirannya Funchal. (Bola.com/Reza Khomaini)

Liputan6.com, Jakarta Pestana CR7, hotel milik Cristiano Ronaldo di Marrakesh, Maroko, dikabarkan menjadi tempat para penyintas gempa di negara tersebut. Hotel dengan 174 kamar milik bintang Portugal itu menjadi tempat berlindung bagi korban gempa Maroko yang mengguncang pada Jumat (8/9/2023).

Melansir dailytrust, gempa yang melanda negara di Afrika Utara itu dilaporkan telah menewaskan lebih dari 2.000 orang dan melukai lebih dari 1.200 orang. Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter itu melanda 72 kilometer (45 mil) barat daya pusat wisata Marrakesh, menyapu bersih seluruh desa di perbukitan pegunungan Atlas.

Akibatnya, masyarakat mengungsi ke gedung mana pun untuk mencari perlindungan pasca bencana alam, termasuk hotel Ronaldo. Namun, rupanya rumor tersebut telah dibantah oleh pihak manajemen hotel.

Awalnya, kabar bahwa hotel pesepakbola Ronaldo jadi salah satu tempat pengungsian korban gempa diungkapkan oleh media olahraga Spanyol, Marca. Simak ulasan selengkapnya yang dilansir Liputan6.com berikut dari berbagai sumber, Selasa (12/09/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kabar bermula dari wawancara seorang turis

Cristiano Ronaldo terjangkit COVID-19
Cristiano Ronaldo yang terjangkit COVID-19 tampak semringah menyaksikan rekan-rekannya di timnas Portugal berlatih dari balkon kamar hotelnya, Selasa (13/10/2020) (AFP/Diogo Pinto)

Kabar hotel pesepakbola Ronaldo jadi salah satu tempat pengungsian korban gempa diungkapkan oleh media olahraga Spanyol, Marca.

Melansir dailytrust, seorang warga negara Spanyol, Irene Seixas pada Minggu (10/9) mengatakan: "Hotel-hotelnya sama. Kami harus datang ke daerah baru Marrakesh, di mana terdapat lebih banyak hotel mewah. Sekarang kami berhasil mendapatkan hotel Cristiano Ronaldo yang berada di pinggiran untuk memberi kami kamar."

Dia menambahkan, "Kami menunggu. Kami tidur sepanjang malam di jalan dan pada pukul tujuh pagi mereka memberi tahu kami bahwa ya, kami bisa masuk. Kami berada di lobi dengan banyak orang dari berbagai negara, menunggu apakah kami bisa mendapatkan kamar, tapi kami semua tidur di jalanan."

Pemerintah Maroko telah memperingatkan semua orang untuk tidak berada di dalam bangunan, khawatir jika terjadi gempa susulan yang parah.


2. Telah dibantah oleh manajemen hotel

Hotel Milik Cristiano Ronaldo Jadi Tempat Pengungsian Korban Gempa Maroko
Hotel Milik Cristiano Ronaldo Jadi Tempat Pengungsian Korban Gempa Maroko

Setelah laporan dari berbagai outlet berita seperti Marca mengklaim bahwa hotel legenda sepak bola Cristiano Ronaldo berubah menjadi tempat perlindungan bagi para korban gempa di Maroko, manajemen hotel dilaporkan membantah laporan tersebut.

Melansir Morocco World News, karena hotel Pestana CR7 tidak terkena dampak gempa besar yang melanda Marrakesh pada tanggal 8 September, manajemen hotel mengatakan kepada outlet berita Israel Ynet News bahwa mereka menerima beberapa permintaan untuk menampung tamu.

Manajer operasi hotel tersebut menyatakan keterkejutannya atas klaim tersebut, terutama yang muncul di media Spanyol Marca, dan mengindikasikan bahwa mereka telah menerima banyak sekali pertanyaan.

"Tidaklah tepat untuk mengatakan bahwa kami menampung pengungsi dan korban," kata manajemen hotel, seperti dilansir Liputan6.com dari Morocco World News, Selasa (12/9).

Melalui Goal.com, dalam pernyataannya kepada Liberation, juru bicara hotel Pestana mengatakan, "Ini adalah informasi palsu. Semua pelanggan yang kami miliki saat ini telah melakukan reservasi secara normal."

Hotel tersebut mungkin memiliki beberapa tunawisma yang sedang bersantai di lobi, atau seseorang mungkin pernah melihat mereka jalan di luar. Namun, hotel Ronaldo menegaskan bahwa "itu bukanlah tempat perlindungan bagi pengungsi."


3. Ucapan belasungkawa dari Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo memberikan tempat mengungsi untuk korban gempa di Maroko lewat hotel pribadinya. [Foto: Instagram/cristiano]

Cristiano Ronaldo, bersama sejumlah bintang dan klub sepak bola lainnya, telah menyampaikan belasungkawa mereka kepada para korban tragedi tersebut di media sosial.

Melansir Morocco World News, para pemain tim sepak bola nasional Maroko, serta para pemain dan pelatih di beberapa klub profesional negara itu, terlihat mendonorkan darahnya di seluruh negeri ketika pusat donor darah meluncurkan permohonan mendesak.

Sementara itu, tim sepak bola Maroko dijadwalkan bermain melawan Liberia di Agadir, sebuah kota yang terletak di pantai barat negara itu, dalam pertandingan kualifikasi Piala Afrika pada hari Sabtu. Namun, kualifikasi harus ditunda karena gempa mematikan tersebut.

Para pemain Maroko dilaporkan telah sampai Agadir pada hari Jumat dan mengikuti sesi latihan di Stadion Adrar sore harinya. Mereka juga dijadwalkan tampil dalam pertandingan persahabatan melawan Burkina Faso di Prancis pada hari Selasa.


4. Hotel mewah Pestana CR7

20161002-Ronaldo Resmikan Hotel Mewahnya di Lisbon-Portugal
Cristiano Ronaldo menghadiri peresmian hotel mewah kedua miliknya, di ibu kota Portugal, Lisbon, Minggu (2/10). Properti ini merupakan kerja sama Ronaldo dengan operator hotel terbesar asal Portugal, Pestana Hotel Group. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Dikutip dari situs resminya, Pestana CR7 Marrakesh adalah hotel baru yang terletak di M Avenue, yang disebut sebagai salah satu kota paling ikonik di Afrika. Hotel bintang empat itu memiliki 174 kamar, fasilitas kolam renang, spa, serta dilengkapi pula dengan bar dan restoran.

Hotel tersebut dibangun pada tahun 2019. Menurut ESPN, hotel di Marrakesh adalah hotel kelima di bawah merek hotel Pestana CR7 Lifestyle. Mantan pencetak gol Real Madrid dan Manchester United itu membuka hotel pertamanya bersama Pestana, Pestana CR Funchal, tujuh tahun lalu pada bulan Juli.

Hotel itu pun dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu tempat termewah di kota tersebut. Hotel lain milik Ronaldo berlokasi di Lisbon, Madrid, Barcelona, ​​​​dan New York.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya