Aplikasi Pantau Hasil Pemilu 2024, Jalankan Peran Masyarakat untuk Cegah Kecurangan

Masyarakat juga dapat menggunakan sejumlah aplikasi yang memungkinkan mereka untuk memantau atau mengawasi proses perhitungan suara secara transparan.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 14 Feb 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2024, 14:00 WIB
KPU Gelar Simulasi Pemilu 2024
Petugas memasukkan surat suara saat simulasi Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Simulasi digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Meskipun sudah ada lembaga-lembaga atau badan yang ditugaskan untuk mengawasi Pemilu, namun peran masyarakat juga sangat penting dalam mencegah kecurangan yang terjadi di Pemilu 2024. Dengan keterlibatan aktif dari masyarakat, potensi terjadinya kecurangan dapat diminimalisir.

Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan atau pemantauan Pemilu 2024 adalah menunggu proses perhitungan suara di TPS tempat mencoblos serta mendokumentasikan prosesnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat menggunakan sejumlah aplikasi yang memungkinkan mereka untuk memantau atau mengawasi proses perhitungan suara secara transparan. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, masyarakat dapat turut serta memastikan bahwa hasil pemungutan suara Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil.

Bagi Anda yang ingin terlibat dalam pemantauan atau pengawasan perhitungan suara Pemilu 2024, berikut sejumlah aplikasi yang bisa digunakan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Masyarakat untuk Cegah Kecurangan Pemilu

Peran masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2024 sangat penting untuk mencegah kecurangan dalam proses pemungutan suara. Masyarakat memiliki peran sebagai pengawas independen yang dapat memantau jalannya proses perhitungan suara dan memastikan transparansi dalam pemilu.

Dengan bantuan teknologi, masyarakat dapat menggunakan aplikasi pengawasan pemilu untuk mencatat hasil pemungutan suara dan memantau proses perhitungan suara secara real-time. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat memastikan bahwa suara mereka dihitung dengan benar dan dapat mencegah adanya kecurangan.

Selain menggunakan aplikasi pengawasan pemilu, masyarakat juga dapat aktif terlibat dalam pengawasan dengan cara mengikuti pelatihan sebagai pengawas TPS, memastikan data pemilih di TPS sesuai dengan daftar pemilih, serta melaporkan segala bentuk pelanggaran atau kecurangan yang terjadi selama proses pemungutan suara. Dengan peran aktif masyarakat dalam memantau dan mengawasi pemilu, diharapkan proses pemungutan suara Pemilu 2024 dapat berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.


Warga Jaga Suara

Ilustrasi – petugas KPPS menghitung suara di TPS. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – petugas KPPS menghitung suara di TPS. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Warga Jaga Suara adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk memantau proses pemungutan suara Pemilu 2024. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan (Kemitraan) dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu dan melaporkan kecurangan atau pelanggaran yang terjadi. Aplikasi ini bekerja sama dengan Bawaslu, KPU, dan Polri untuk menindaklanjuti laporan yang masuk.

Cara menggunakan Warga Jaga Suara pun tidak sulit. Pengguna cukup mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau App Store. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menjadi relawan dengan mendaftarkan TPS di sekitar mereka dan bahkan lebih dari satu TPS. Mereka juga bisa turut mengirimkan data C1 di TPS sekitar mereka ke Jaga Suara 2024. Hasil data tersebut nantinya akan dikumpulkan dan direkapitulasi untuk ditampilkan.

Dengan adanya Warga Jaga Suara, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam memantau proses pemungutan suara Pemilu 2024 untuk mencegah kecurangan dan memastikan terlaksananya pemilu yang bersih dan adil. Aplikasi ini merupakan salah satu langkah inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk memastikan keabsahan hasil pemilu.


Jaga Suara 2024

Simulasi Pemilu 2024
Simulasi ini digelar sehubungan akan dilaksanakannya masa tahapan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jaga Suara 2024 merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau proses pemungutan suara Pemilu 2024. Aplikasi ini diprakarsai oleh Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) dan bekerja sama dengan sejumlah lembaga seperti Perludem, ICW, KPI, Puskapol UI, dan PUSaKO Unand untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam menjaga hasil penghitungan suara di setiap TPS.

Pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau melalui tautan yang disediakan. Selanjutnya, mereka dapat memotret hasil penghitungan suara di TPS yang tertuang dalam formulir C dan mengirimkannya ke server Jaga Suara 2024. Pengguna juga dapat melakukan koreksi jika terdapat kesalahan dalam hasil pembacaan.

Selain memantau proses perhitungan suara, pengguna juga dapat melaporkan kecurangan atau pelanggaran yang terjadi. Aplikasi ini juga menampilkan data hasil pemilu yang dikirim oleh relawan di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat dapat melihat gambaran umum tentang hasil Pemilu 2024. Dengan adanya Jaga Suara 2024, diharapkan masyarakat dapat terlibat aktif dalam memastikan transparansi serta keberlangsungan demokrasi dalam Pemilu 2024.

 


Kawal Pemilu

Proses simulasi pemungutan dan Penghitungan suara Pemilu 2024 di Lapangan Wirabumi Kecamatan Srono Banyuwangi (Istimewa)
Proses simulasi pemungutan dan Penghitungan suara Pemilu 2024 di Lapangan Wirabumi Kecamatan Srono Banyuwangi (Istimewa)

Kawal Pemilu adalah aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk memantau proses pemungutan suara Pemilu 2024. Aplikasi ini berupa situs web yang bertujuan untuk mengawasi pelaksanaan dan penghitungan hasil pemilu di setiap TPS melalui teknologi. Dengan mengumpulkan data hasil pemilu dari sumber resmi, yaitu situs web KPU, dan membandingkannya dengan data yang dikirimkan oleh relawan dari berbagai daerah, Kawal Pemilu memastikan keakuratan dan transparansi dalam proses pemilu.

Siapa pun bisa berpartisipasi dengan mengunjungi situs web Kawal Pemilu dan memilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan yang ingin dilihat hasil pemilunya. Selain itu, kita juga bisa menjadi relawan dengan mengirimkan foto formulir C1 hasil penghitungan suara di TPS yang diamati, yang akan diverifikasi dan dibandingkan dengan data resmi KPU.

Terdapat kelompok warganet Indonesia yang mendirikan situs web ini, dengan harapan agar tidak ada manipulasi atau kesalahan dalam penghitungan suara. Melalui Kawal Pemilu, informasi yang akurat dan terpercaya tentang hasil pemilu juga dapat diperoleh secara real-time. Dengan demikian, Kawal Pemilu memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memantau dan mengawasi proses pemungutan suara Pemilu 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya