6 Cara Membantu Anak Agar Mahir dan Percaya Diri Berbicara di Hadapan Banyak Orang

Mari mengenali tips-tips sederhana yang dapat membantu anak-anak berlatih berbicara di depan banyak orang, karena kemampuan public speaking perlu diasah sejak usia dini.

oleh Miranti diperbarui 13 Agu 2024, 11:23 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 11:23 WIB
Ibu dan anak
Ajak anak untuk membicarakan apa yang dirasakan, apa yang diinginkan, dan alasan dibaliknya. (Foto: Pexels/Yan Krukau)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kemampuan yang penting untuk dipelajari oleh anak sejak dini adalah berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan memungkinkan mereka untuk mengemukakan pendapat dengan lebih leluasa. Orangtua dapat memberikan dukungan yang membantu anak dalam memulai proses belajar public speaking.

Anak-anak yang pemalu dan pendiam juga dapat berbicara di depan umum dengan baik. Latihan adalah kunci utama untuk berbicara di depan banyak orang. Sebagai orangtua, Anda dapat mendampingi anak selama proses belajar dan memberikan dukungan serta masukan yang membangun.

Artikel ini akan membahas secara khusus tentang cara-cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk melatih anak agar berani berbicara di depan umum. Berikut selengkapnya seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber mengenai cara anak agar percaya diri saat berbicara di depan umum, Selasa (13/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bantu anak mempersiapkan dan beri masukan

Perempuan di depan laptop
Orangtua memiliki peran penting dalam membantu anak mempersiapkan bahan yang akan disampaikan dan memberikan masukan yang membangun. (Foto: Pexels/Kampus Production).

Anda dapat memberikan dukungan kepada anak saat mereka berlatih berbicara di depan umum. Selain itu, berikanlah apresiasi yang positif setelah mereka selesai berbicara. Anda juga dapat mendorong anak untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dapat melatih kemampuan berbicara mereka.


2. Beri apresiasi setiap anak selesai berbicara

Perempuan bicara di atas panggung
Agar dapat menarik perhatian para penonton, anak-anak perlu diajarkan tentang bahasa tubuh. (Foto: Pexels/Igreja Dimensão)

Saat anak menyelesaikan sesi latihan mereka, berikanlah apresiasi yang positif. Hal tersebut akan membantu memotivasi anak dan membuatnya lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum. Dengan dukungan dan masukan yang diberikan, anak-anak akan mengetahui bagaimana cara merespons kritik yang membangun demi perkembangan kemampuan dirinya. Bantu anak untuk menjadikan pengalaman berbicara di depan umum menjadi pengalaman yang menyenangkan daripada pengalaman yang menegangkan.


3. Ikuti kegiatan yang dapat melatih kemampuan berbicara

Apabila si buah hati cenderung pemalu dan pendiam, Anda mungkin khawatir dengan kemampuannya untuk berbicara di depan publik. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mendorong anak untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantunya mengembangkan kemampuan komunikasinya.

Dengan bergabung bersama teman-temannya dan berlatih bersama, anak-anak akan merasa nyaman dan senang karena melakukannya bersama teman sebayanya. Selain itu, mereka akan dipandu oleh para guru yang akan memberikan berbagai pengetahuan seputar public speaking. 


4. Ajarkan tentang bahasa tubuh dan gestur

Bahasa tubuh sama pentingnya dengan materi yang disampaikan saat berbicara di depan publik. Gerak tangan hingga postur tubuh menjadi cara untuk engage dengan para penonton dan dapat membantu menyampaikan pesan dengan baik. Ketika tubuh kaku dan diam saja saat berbicara di depan publik, penonton akan mudah untuk hilang fokus dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan.

Ajarkan anak bagaimana melakukan gestur yang baik dan postur tubuh yang tepat ketika berada di depan umum. Ajak mereka untuk berlatih di depan cermin dan perhatikan bagaimana mereka berlaku ketika sedang menyampaikan pidato. Anak-anak akan menjadi lebih luwes ketika sudah berlatih di depan cermin.


5. Bantu anak untuk tetap tenang dan fokus selama berbicara

Memilih Gaya Parenting
Ilustrasi gaya parenting ibu ayah anak bahatia / Freepik by tirachardz

Berbicara di depan publik memang menegangkan, bahkan orang dewasa juga pasti merasakan hal yang sama. Namun, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa tegang dan khawatir. Anda dapat membantu si kecil untuk mengatur napasnya dengan baik dan meregangkan otot-otot tubuh.

Selain itu, minta anak untuk fokus pada hal-hal positif. Anda juga dapat mengingatkan anak bahwa tidak apa-apa jika ada hal yang berjalan tidak sesuai dengan apa yang sudah dilatih, tidak semuanya harus berjalan sempurna. Hal yang terpenting adalah bagaimana anak-anak bisa tetap tenang di depan umum dan fokus menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.


6. Mengajarkan Teknik Pernapasan

Bantu anak belajar teknik pernapasan yang baik sebelum berbicara, seperti menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan. Ini dapat membantu menenangkan saraf dan menjaga suara tetap tenang saat berbicara di depan umum.

Dengan menerapkan tips ini, anak akan lebih siap dan percaya diri untuk berbicara di depan umum. Latihan dan dukungan yang tepat akan membantu mereka mengatasi ketakutan dan menjadi pembicara yang efektif.     

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya