Resep Telur Masak Santan, Sederhana Tapi Lezat Rasanya

Hidangan telur yang dimasak dengan santan menawarkan cita rasa yang kaya dan menggugah selera.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 06 Agu 2024, 11:07 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 11:07 WIB
telur mata sapi
Ilustrasi telur mata sapi didapatkan dari situs freepik.com yang memiliki hak cipta oleh Jcomp.

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan bahan makanan serbaguna yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Mulai dari digoreng, dikukus, direbus, hingga ditumis, telur selalu mampu menjadi menu favorit di meja makan. Salah satu olahan telur yang sederhana namun memiliki cita rasa luar biasa adalah telur masak santan.

Telur masak santan adalah sajian yang kaya rasa dan menggugah selera. Hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai pendamping nasi karena kelezatannya yang diperkaya dengan aneka rempah.

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat telur masak santan yang nikmat, seperti yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bumbu dan Bahan

Telur Rebus
Siang ini, camilan yang saya pilih adalah telur rebus. (Foto: Freepik/azerbaijan_stockers)

Bahan-bahan:

- 6 butir telur ayam

- 400 ml santan kental

- 2 lembar daun salam

- 2 batang serai, memarkan

- 3 cm lengkuas, memarkan

- 2 lembar daun jeruk

- 2 sdm minyak goreng untuk menumis

- Garam dan gula secukupnya

 

Bumbu Halus:

- 5 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 5 buah cabai merah keriting

- 2 butir kemiri, sangrai

- 1 sdt ketumbar, sangrai

- 1 cm kunyit

- 1 cm jahe


Cara Membuat Telur Masak Santan

gulai telur
Gambar gulai telur santan diilustrasikan oleh freepik.com/jcomp

1. Pertama-tama, rebus telur hingga matang sempurna. Setelah matang, angkat dan segera rendam dalam air dingin agar mudah dikupas. Setelah dikupas, sisihkan telur tersebut.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, ketumbar, kunyit, dan jahe menggunakan blender atau cobek hingga menjadi bumbu halus.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu halus tadi hingga mengeluarkan aroma harum yang menggugah selera. Tambahkan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk ke dalam tumisan. Aduk rata dan biarkan bumbu matang sempurna serta mengeluarkan aroma yang sedap.

4. Selanjutnya, tuangkan santan kental ke dalam wajan. Aduk rata dan masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Masukkan telur rebus yang telah dikupas ke dalam santan, aduk perlahan agar telur terbalut bumbu dengan merata.

5. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk rata. Masak hingga santan mendidih dan bumbu meresap ke dalam telur. Lanjutkan memasak dengan api kecil hingga kuah santan mengental dan bumbu benar-benar meresap, jangan lupa sesekali diaduk agar tidak gosong.

6. Angkat dan sajikan telur masak santan bersama nasi hangat. Untuk hiasan, kamu bisa menambahkan taburan bawang goreng atau daun bawang cincang jika suka.

Dengan resep ini, kamu bisa menikmati telur masak santan yang gurih dan lezat. Meski sederhana, kelezatannya sungguh paripurna dan sempurna untuk dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya