FUI-MUI Dukung Koalisi Parpol Islam Dalam Pilpres

FUI MUI meminta agar partai berbasis Islam segera berkoalisi supaya bisa mengajukan capres dan cawapres sendiri.

oleh Widji Ananta diperbarui 21 Apr 2014, 14:34 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2014, 14:34 WIB
din syamsuddin
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin (Antarafoto)

Liputan6.com, Jakarta - Forum Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (FUI-MUI) meminta agar partai berbasis Islam segera menentukan koalisi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Hal ini lantaran masyarakat menginginkan parpol Islam bersatu mengusung capres dan cawapres sendiri.

"Forum FUI-MUI mengetuk hati parpol Islam untuk bangun koalisi strategis, didorong dengan banyaknya aspirasi, harapan dan dambaan umat Islam yang banjir agar mendorong parpol Islam untuk bisa bersatu. Kami ingin mengakomodasi dan meneruskan itu kepada parpol Islam. Ada 66 ormas di tingkat pusat," ujar Ketua Umum MUI Din Syamsuddin di Kantor MUI, Jakarta, Senin (21/4/2014).

Din melanjutkan, dengan bersatu, maka suara yang diperoleh menembus 32% suara dalam Pilpres. "Kami mendorong agar perolehan suara yang 32% yang signifikan menjadikan parpol Islam sebagai kekuatan besar. Kalau digabung jumlahnya lebih besar dari parpol manapun," ungkap Din.

"Insya Allah dalam satu dua hari ini kami akan melakukan langkah-langkah pertemuan dengan para pimpinan parpol Islam dan parpol lain."

Sementara Ketua MUI Makhruk Amin mengatakan, dengan gabungan partai Islam dalam Pilpres 2014 akan menambah rasa optimisme masyarakat Islam dalam menyambut Pilpres yang akan diselenggarakan pada 9 Juli mendatang.

"Seberapa jauh optimisme untuk penyatuan parpol Islam itu bukan mustahil. Kita ingat tahun 1999 parpol Islam bersatu dengan nasionalis dan memunculkan Gus Dur sebagai Presiden," tandas Din.

(Shinta Sinaga)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya