Masjid Istiqlal Sediakan 3.000 Nasi Padang Gratis Selama Ramadan

Untuk sahur Masjid Istiqlal hanya menyediakan sahur gratis pada 10 hari terakhir Ramadan, dengan jumlah 1.000 porsi per hari.

oleh Muslim AR diperbarui 03 Jun 2016, 19:00 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2016, 19:00 WIB
20160528-90-Tahun-Gontor-Jakarta-Helmi-Affandi
Suasana acara Kesyukuran 90 Tahun Gontor di Masjid Istiqlal, Jakarta, (28/5). Pondok pesantren yang berlokasi di Jawa Timur ini memasuki usianya yang ke-90 tahun pada 2016 ini. (Liputan6.com/Helmi Affandi)

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal Jakarta menyediakan 3.000 nasi padang gratis selama bulan Ramadan tahun ini. Nasi tersebut akan dibagikan kepada jemaah saat azan Magrib berkumandang sebagai santapan berbuka puasa. Kegiatan ini dimulai sejak hari pertama puasa.

Namun, kata Kepala Bagian Protokol dan Pelayanan Wisata Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, tahun ini pengelola masjid tak lagi memasaknya sendiri. Restoran Sederhana Masakan Padang jadi penyedianya selama sebulan penuh.

"Tiga ribu porsi tiap berbuka, kalau untuk sahurnya cuma ada di 10 hari terakhir saja," ujar Abu saat berbincang dengan Liputan6.com tentang persiapan Masjid Istiqlal menyambut Ramadan, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Abu menerangkan, santapan berbuka puasa itu gratis bagi siapa saja. Lalu, "kalau untuk sahur kami bagikan, namun di 10 hari terakhir bulan Ramadan ada 1.000 porsi setiap harinya," jelas Abu.

Untuk anggaran berbuka dan sahur gratis tahun ini, Abu mengatakan, jumlahnya meningkat di banding tahun lalu. "Tahun lalu sekitar Rp 1-2 miliar, tahun ini bisa di atas 2 miliar. Ini semua untuk melayani para jemaah di bulan Ramadan," Ucap Abu.

Jika tahun lalu, kegiatan buka puasa bersama berlangsung di dekat pintu masuk Al Fatah, maka pada Ramadan tahun ini digelar di koridor-koridor yang ada.

Meski menyediakan ribuan makanan gratis, Masjid Istiqlal tetap membuka pintu bagi warga yang ingin menyumbang untuk berbuka puasa. "Silakan datang ke sini dan berkoordinasi dengan panitia kami," ujar Abu.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya