Cara Menag Lukman Kurangi Antrean Haji

Lukman berharap kuota haji Indonesia pada musim haji tahun depan, tidak ada potongan 20 persen dan bisa kembali normal.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Des 2016, 19:49 WIB
Diterbitkan 15 Des 2016, 19:49 WIB
20160421- Menteri Agama Bahas Peningkatan Pelayanan Haji Bareng Komisi III- Lukman Hakim Saifuddin-Jakarta- Johan Tallo
Menag Lukman Hakim Saifuddin berdiskusi saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Jakarta, Kamis (21/4). Rapat tersebut membahas peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada Jemaah Haji (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan punya beberapa solusi dalam mengurangi antrean keberangkatan haji di Tanah Air.

"Yang terus kita lakukan adalah memastikan bahwa yang berangkat haji itu adalah orang yang memang betul-betul yang belum pernah sama sekali berangkat haji," kata Lukman, usai menghadiri wisuda mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Kamis (15/12/2016).

Sebab itu, Lukman mengimbau, masyarakat yang sudah pernah berangkat haji, supaya tidak mengambil jatah kuota lagi, dan harus memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum berhaji.

"Yang sudah pernah, mohon dengan segala kesadaran yang tinggi untuk tidak lagi berhaji. Tapi kita berikan kesempatan kepada saudara kita yang belum pernah berangkat haji," kata dia seperti dilansir Antara.

Kedua, Lukman mengatakan, pihaknya berupaya memperbanyak kuota haji di Indonesia, agar antrean tidak terlalu panjang, sehingga masyarakat tidak terlalu lama menunggu.

Lukman berharap kuota haji Indonesia pada musim haji tahun depan, tidak ada potongan 20 persen dan bisa kembali normal.

Lukman menambahkan, jika kuota haji tersebut kembali normal, maka dengan otomatis daftar antrean haji semakin berkurang.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya