10 Doa Saat Berangkat Mudik, Mohon Perlindungan

Doa saat mudik ini bisa membuat hati lebih tenang.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 30 Apr 2022, 04:45 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2022, 04:45 WIB
Mudik Lebih Awal di Stasiun Pasar Senen
Sejumlah calon penumpang berjalan untuk memasuki rangkaian kereta api Airlangga di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/4/2022). PT KAI Daop 1 telah membuka pelayanan kereta api jarak jauh sebanyak 22 perjalanan dengan kapasitas penumpang 100 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Mudik merupakan tradisi tahunan menjelang hari raya. Banyak orang memanfaatkan momen Idul Fitri untuk pulang ke kampung halaman. Sebelum dan selama mudik, penting tentunya memohon keselamatan dan kelancaran perjalanan.

Ada doa-doa yang bisa dibaca untuk memohon keselamatan selama mudik. Doa-doa ini berisi permohonan perlindungan dan kelancaran selama perjalanan. Anda bisa membaca doa saat berangkat mudik ini sesuai kebutuhan.

Doa saat berangkat mudik ini bisa membuat hati lebih tenang. Dengan doa ini, seorang Muslim akan memahami bahwa hanya Allah yang menjamin keselamatan umat-Nya. Berikut kumpulan doa saat berangkat mudik, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(26/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa saat mudik

Manfaat dan Keutamaan Sholat Dhuha
Doa saat mudik

Berikut doa yang bisa dibaca ketika hendak berangkat mudik:

Doa mohon perlindungan saat mudik

Allahumma antas shaahibu fis safari wal khaliifata fil ahli, allahumma ashbahnaa bi nushhika waqbilnaa bi dzimmatin, allahumma azwilnal ardha wa hawwin 'alainas safara, allahumma inni a’uudzu bika min wa’tsaa-i wa ka-aabatil munqalabi

Artinya,

" Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan pengurus keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lelahnya perjalanan sedihnya pemandangan dan kepulangan buruknya dalam harta dan keluarga."

Doa saat keluar rumah mengawali perjalanan

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.


Doa saat mudik

Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)
Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)

Berikut doa yang bisa dibaca saat naik kendaraan untuk mudik:

Doa mohon keselamatan saat naik kendaraan

Alhamdulillahil ladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: " Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

Doa mohon keselamatan saat naik kendaraan darat dan udara

Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna. Allahumma innaa nasaluka fii safarina hadzal birro wattaqwaa waminal 'amali maa tardho. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadzaa wathwi'anna bu'dahu. Allahumma antash shoohibu fissafari wal khalifatu filahli. Allahumma innii a'uudzubika min wa'tsaaissafari wakaabatilmandhori wasuuuilmunqolabi filmaali wal ahli.

Artinya: “ Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini.


Doa saat mudik

Niat dan Sholat Malam
Doa saat mudik

Berikut doa yang bisa dibaca saat naik kendaraan untuk mudik:

Doa saat naik kapal

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya: “ Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Doa mohon kelancara perjalanan jauh

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “ Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”


Doa saat mudik

Bacaan Niat Puasa Ganti (Qadha)
Doa saat mudik

Berikut doa yang bisa dibaca saat dalam perjalanan mudik:

Doa saat istirahat perjalanan

A'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: " Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya."

Doa saat memasuki suatu wilayah

Allaahumma rabbas samaawaatis sab’i wamaa adhlalna wal aradiinas sab’i wamaa aqlalna warabbasy syayaathiini wamaa adhlalna warabbar riyaahi wamaa dzaraina as-aluka khaira haadzihil qaryati wakhaira ahlihaa wakhaira maa fiihaa, wana’uudzu bika min syarri haa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: "Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya." (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi)


Doa saat mudik

Mudik Lebaran
Doa saat mudik

Berikut doa yang bisa dibaca untuk memohon kelancaran perjalanan:

Doa saat mengunjungi suatu tempat

"A'udzu bikalimatillahi taammati min syarri maa khalaq."

Artinya: “ Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya” (HR. Muslim).

Doa minta kelancaran perjalanan

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya:

" Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya