Beberapa Arti dan Tafsir Mimpi Menikah, Bisa Pertanda Baik atau Buruk

Ketika sedang tidur, pernahkah kamu bermimpi tentang menikah? Jika pernah, mungkin perasaan saat itu terasa lebih bahagia. Apalagi yang menikah di alam mimpi itu adalah kamu sendiri dengan orang yang sangat disukai.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 06 Jan 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi Menikah
Ilustrasi menikah (dok. Pixabay.com/StockSnap)

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sedang tidur, pernahkah kamu bermimpi tentang menikah? Jika pernah, mungkin perasaan saat itu terasa lebih bahagia. Apalagi yang menikah di alam mimpi itu adalah kamu sendiri dengan orang yang sangat disukai.

Bicara soal mimpi menikah, jauh sebelum umatnya saat ini, Rasulullah SAW pernah bermimpi tentang menikah sebelum resmi menjadi suami Sayyidah ‘Aisyah radhiyallahu anha. Kisah mimpi Rasulullah SAW tentang menikah ini diceritakan oleh Sayyidah ‘Aisyah RA dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Aku bermimpi melihatmu dua kali. Ketika itu ada seorang lelaki membawamu di balik kain sutera, lalu lelaki itu berkata kepadaku: ‘Inilah istrimu’. Ketika Aku membuka sutera itu, ternyata wanita itu dirimu. Lalu aku berkata: ‘Jika ini dari Allah, pastilah terlaksana’.” (HR. Al-Bukhari) 

Berkaca dari hadis di atas, kitab Fathul Bari karangan Ibnu Hajar Al-’Asqalani menjelaskan bahwa arti mimpi tentang menikah bermacam-macam. Jika terlihat jelas wanita yang dinikahinya, maka mengandung makna bahwa wanita itu akan menjadi istrinya. 

Namun, ketika bermimpi menjadi pengantin tapi tidak ada mempelai wanitanya, itu bisa jadi pertanda bahwa ajal kian dekat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Arti Mimpi Menikah Lainnya

Ilustrasi pernikahan menikah
Ilustrasi/Copyright unsplash/Luis Tosta

Selain arti mimpi di atas, berikut ini beberapa tafsir mimpi lain yang dinukil dari NU Online.

1. Apabila seseorang bermimpi menikahi wanita yang masih ada hubungan mahram, maka mimpi tersebut menunjukkan arti ia akan menjalin silaturahmi dengan wanita tersebut. 

2. Jika ia bermimpi menikahi perempuan yang terkenal pelacur, maka hal tersebut menunjukkan arti kalau ia akan mendapatkan harta haram. 

3. Jika ia bermimpi menceraikan istrinya, maka mimpi tersebut menunjukkan arti kalau ia akan segera lengser dari jabatan atau dipecat dari pekerjaannya. 

Arti mimpi-mimpi di atas diterapkan ketika orang yang bermimpi adalah seorang laki-laki. Lantas, bagaimana jika yang bermimpinya adalah perempuan?

Masih mengutip sumber yang sama, ketika seorang wanita bermimpi dirinya menikah maka hal tersebut menunjukkan arti kalau ia akan mendapatkan sebuah kebaikan pada dirinya.

Jika ia bermimpi menikah dengan lelaki yang telah meninggal, maka mimpi tersebut menunjukkan arti kalau harta yang dimilikinya akan berkurang, atau urusannya akan ada yang tidak tertata. (‘Ali Ahmad ‘Abdul ‘Ali, Ta’bîrur Ru’yâ wal Ahlâm ‘indal Aimmatil al-A’lâm, halaman 34 via NU Online). 

Itulah beberapa arti dan tafsir mimpi tentang menikah. Semoga mimpi yang kita alami menunjukkan arti yang baik dan bermanfaat. Wallahu’alam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya