Keren, Khalisa Anak Kartika Putri dan Habib Usman Sudah Belajar Puasa Ramadhan di Usia 3 Tahun

Kartika Putri dan Habib Usman sedang mendidik anak mereka, Khalisa, untuk berpuasa Ramadhan.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 28 Mar 2023, 10:15 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 07:35 WIB
Kartika Putri
Kartika Putri. (Foto: Instagram/ kartikaputriworld)

Liputan6.com, Jakarta Setiap orangtua yang beragama muslim harus mendidik anaknya untuk berpuasa Ramadhan. Tentu hal ini juga dilakukan oleh Habib Usman bin Yahya dan sang istri, Kartika Putri, pada anak mereka, Khalisa Aghnia Bahira.

Meskipun Khalisa masih berusia 3 tahun, namun Kartika dan suami sudah mulai mengajarkan anaknya untuk berpuasa di bulan Ramadhan tahun ini. Anak balita itu pun tampak tidak protes.

"Tiga tahun harus berpuasa, kita lagi melatih dia. Jadi kalau Khalisa puasa di usia tiga tahun, berarti di keluarga ini dia yang rekor. Alhamdulillah (Khalisa sudah berpuasa) tapi sesuai kemampuannya," ujar Habib Usman Bin Yahya di acara Pagi-Pagi Ambyar, baru-baru ini.

Bila Khalisa dapat berpuasa sebulan penuh, maka dia akan mengalahkan ketiga orang kakaknya yang dulu pertama kali berpuasa Ramadhan saat usia 4 tahun.

"Jadi Ipeh, Sajid, Satir itu empat tahun menang. Mereka full (puasa) di usia empat tahun, walaupun Satir makan kelengkeng satu di hari pertama, dia lupa buka kulkas makan kelengkeng," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ibadah pada Awalnya Adalah Paksaan

Potret Kartika Putri Umrah Bareng Anak, Tangan Suami Jadi Sorotan
Potret Kartika Putri Umrah Bareng Anak, Tangan Suami Jadi Sorotan [instagram/kartikaputriworld]

Lebih lanjut, Habib Usman menjelaskan bahwa pada awalnya beribadah memang merupakan sebuah paksaan. Ia lantas menjadikan dirinya sebagai contoh kasus.

"Kalau orangtua, ibadah itu awalnya paksaan enggak? Ibadah awalnya paksaan, saya waktu masih kecil mau salat subuh diusapin pakai air. Awalnya sedikit, lama-lama seember juga keluar, disiram," paparnya.


Saat Terbiasa Maka Ibadah Akan Terasa Nikmat

Namun setelah terbiasa dijalani, maka ibadah itu akan menjadi sebuah kenikmatan. Tak akan ada lagi paksaan saat menjalaninya.

"Awalnya ibadah paksaan, sulit. Salat itu sulit kata Allah dalam Al-Qur'an, enggak gampang, salat 5 waktu sulit. Tapi Rasulullah yakin banyak umat yang taat kepada Allah," ia mengakhiri.


Respons Warganet

Warganet merespons penjelasan Habib Usman dengan ragam komentar positif. "Benar aku dulu dipaksa, sampai sekarang jadi terbiasa beribadah," kata salah satu warganet.

"Betul, dulu aku puasa dipaksa tapi sekarang sudah kebiasa," tambah warganet lainnya.

"Masyaallah Khalisa... Allahumma solli alaa sayyidina Muhammad," yang lain menimpali.

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya