Doa Keluar Masjid Sesuai Sunnah, Ketahui Juga Adab Keluar-Masuk Masjid

Salah satu adab keluar-masuk masjid adalah dengan membaca doa masuk masjid dan doa keluar masuk masjid.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 02 Apr 2023, 17:15 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2023, 17:15 WIB
FOTO: Berburu Malam Lailatul Qadar Sambil Itikaf di Masjid
Warga berdiam diri atau beritikaf pada malam ke-27 bulan puasa Ramadhan 1443 H di Masjid Asy-Syuhada, Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Itikaf dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan dengan membaca Alquran, dzikir, dan selawat untuk mencari rida Allah SWT. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu adab keluar-masuk masjid adalah dengan membaca doa masuk masjid dan doa keluar masuk masjid. Meski kita baru saja keluar dari tempat yang baik, penting juga bagi kita untuk tetap membaca doa keluar masjid agar mendapat perlindungan, petunjuk, arahan dan pertolongan Allah SWT.

Dengan membaca doa keluar masjid, diharapkan bahwa aktivitas yang baru saja dilakukan di dalam masjid mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Selain mengetahui tentang doa keluar masjid, penting juga untuk memahami doa masuk masjid, sebab keduanya merupakan salah satu dari adab berkunjung ke masjid.

Doa keluar masjid tidak begitu panjang, sehingga tidak sulit untuk dihafalkan, begitu juga doa masuk masjid. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk melewatkan membaca doa masuk masjdi dan doa keluar masjid ketika beraktivitas di masjid.

Bagi yang belum mengetahui doa keluar masjid dan doa masuk masjid, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (29/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Keluar Masjid

Ketika hendak keluar majid hendaknya kita membaca doa keluar masjid. Doa keluar masjid dibaca agar kita senantiasa mendapatkan karunia Allah SWT meski telah meninggalkan masjid. Adapun bacaan doa keluar masjid adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma inni as-aluka min fadhlika

Artinya: Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu”.

Doa tersebut didasarkan pada sebuah hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam:

“Dan apabila keluar, hendaknya dia mengucapkan, “Allahumma inni as-aluka min fadhlika (Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu)”[HR. Muslim 713].

Selain itu, kita juga bisa membaca doa keluar masjid berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahummaghfirlii dzunubii waftahlii abwaba fadhlika.

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

Ada pula doa keluar masjid lain yang bisa kita baca, yakni sebagai berikut:

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."


Doa Masuk Masjid

Potret Chef Arnold di Kota Solo, Kunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed
Setelah membuat heboh masyarakat Solo dengan demo memasak di Kampung Ramadan Solo, Chef Alrnold dan lainnya juga mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Juri Master Chef Indonesia itu mengunggah fotonya saat berada di masjid yang diresmikan pada 14 November 2022 itu. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Selain membaca doa keluar masjid, bacaan doa yang tidak kalah penting adalah doa masuk masjid. Ada sejumlah bacaan doa masuk masjid, antara lain sebagai berikut:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahli abwaba rahmatika

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa tersebut didasarkan pada sebuah hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berikut:

“Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka hendaknya dia membaca, “Allahummaftahli abwaaba rahmatika” (Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu). [HR. Muslim 713].

Selain itu, kita juga bisa membaca doa masuk masjid berikut:

بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah wash-shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya: " Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu."


Adab Masuk Masjid

Masjid Al Jabbar
Salat Jumat pertama di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jumat (30/12/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Doa masuk masjid merupakan salah satu dari adab masuk masjid. Selain membaca doa, ada beberapa hal yang termasuk adab masuk masjid. Adapun masuk masjid adalah sebagai berikut:

1. Membaca doa keluar rumah

Bismillahi tawakkaltu'alallahi laa hawla wa laa quwwata illa billahi.

Artinya: "Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali Allah."

2. Membaca doa menuju masjid

Alloohummaj-'al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam 'ii nuuroon wa 'an yamiinii nuuroon wa'an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa kholfii nuuroon waj-'al lii nuuroon.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dalam pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

3. Berjalan ke masjid dengan santai, tanpa harus tergesa-gesa.

4. Memastikan diri sebelum berangkat ke masjid sudah dalam keadaan suci.

5. Mengenakan pakaian yang bersih dan sopan.

6. Setibanya di masjid, lepaskan alas kaki dengan dimulai dari kaki kiri terlebih dahulu kemudian baru kanan.

7. Masuk ke masjid dengan mendahulukan kaki kanan.

8. Membaca doa masuk masjid. Bisa membaca doa pendek seperti di bawah ini:

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

9. Melaksanakan salat sunah atau salat tahiyatul masjid dua rakaat. Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk mengerjakannya.

Sabda Nabi Muhammad SAW:

"Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan salat sunnah dua rakaat (sholat sunnah tahiyatul masjid)." (HR. Bukhari Muslim).


Adab Keluar Masjid

Rebo Wekasan Menurut Perspektif Islam
Ilustrasi Masjid Credit: pexels.com/Vjpratama

Saat keluar masjid pun, kita juga harus mengedepankan adab. Adapun adab keluar masjid adalah sebagai berikut:

1. Keluar dengan mendahulukan kaki kiri.

2. Membaca doa keluar masjid.

Allahumma innii as-aluka min fadhlika, yang artinya “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu."

3. Membaca doa pulang dari masjid.

Allahumma inni a'udzu bika biwashlika min shaddika wa a'udzu biqobulika min raddika wa a'udzu biqurbika min thordika. Allahummaj'alna min ahli tho'atika wa widdika wa ahhilna lidzikrika wa hamdika ya arhamar rahimin.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ketersambungan-Mu dari penolakan-Mu, dan aku berlindung dengan penerimaan-Mu dari berpaling-Mu, aku berlindung dengan kedekatan-Mu dari mengusir-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang taat kepada-Mu dan senang kepada-Mu, dan jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa mengingat-Mu dan memuji-Mu, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Paling Pengasih di antara para pengasih."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya