Top 3 Islami: Doa Pagi dan Sore Agar Hidup Dimudahkan Menurut Gus Iqdam, Kemunculan Api di Madinah Tanda Kiamat?

Pendakwah muda Gus Iqdam membagikan doa agar hidup dimudahkan. Doa ini bisa diamalkan tiap hari pada pagi dan sore hari

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 13 Feb 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2024, 06:30 WIB
Gus Iqdam sedang berdialog dengan santri asal Malaysia (SS: YT Preman Dua Alam)
Gus Iqdam sedang berdialog dengan santri asal Malaysia (SS: YT Preman Dua Alam)

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua orang merasakan nikmat dan kemudahan dalam hidup. Ada kalanya, sebagian dari kita merasa bahwa hidup begitu sulit dan penuh kesusahan.

Pendakwah muda Gus Iqdam membagikan doa agar hidup dimudahkan. Doa ini bisa diamalkan tiap hari pada pagi dan sore hari.

Ulasan mengenai doa agar hidup dimudahkan ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Senin (12/2/2024).

Artikel kedua yang tak kalah menyita perhatian adalah niat puasa Senin di bulan Sya'ban.

Sementara, artikel terpopuler ketiga adalah riwayat kemunculan api di Madinah. Benarkah tanda kiamat?

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Baca Doa Ini Pagi dan Sore, Hidup Akan Dimudahkan Sepanjang Tahun Kata Gus Iqdam

Gus Iqdam dan Mas Jebor (Tangkap Layar YouTube Ronji TV)
Gus Iqdam dan Mas Jebor (Tangkap Layar YouTube Ronji TV)

Dua permasahan hidup yang sering menjadi beban dan dikeluhkan oleh manusia adalah soal kesusahan menjalani hidup, soal finansial. Masalah lainnya adalah susah jodoh.

Pendiri Majelis Ta'lim Sabilu Taubah Gus Iqdam membagikan ijazah amalan, yang memiliki fungsi dan manfaat untuk memudahkan segala persoalan hidup, finansial, sekaligus memudahkan datangnya jodoh, bahkan jodoh akan datang dengan sendirinya.

Sering kita jumpai, hidup seringkali membawa berbagai persoalan yang sulit dihadapi, dan salah satu aspek yang bisa menjadi puncak kesulitan adalah masalah ekonomi. Banyak orang merasa hidup susah karena terbatasnya sumber daya finansial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pendidikan, dan kesehatan.

Di samping itu, persoalan jodoh juga menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Mencari pasangan hidup yang cocok dan seiring jalan hidup menjadi perjalanan panjang dan tak jarang penuh liku-liku.

Faktor-faktor seperti perbedaan nilai, tujuan hidup, dan ketidakcocokan karakter dapat menjadi kendala yang menghambat proses pencarian jodoh yang sesuai. Terkadang, perasaan kesepian dan keputusasaan muncul karena sulitnya menemukan pasangan yang tepat.

Meskipun hidup dan jodoh seringkali menjadi sumber persoalan, penting untuk tetap menjaga semangat dan optimisme. Hidup susah bukanlah akhir dari segalanya, melainkan ujian yang dapat diatasi dengan tekad dan usaha.

Selengkapnya baca di sini


2. Niat Puasa Sunnah Senin di Bulan Sya’ban 2024 Lengkap Tata Caranya, Keutamaannya Dobel

Niat Puasa Sunnah Syawal
Niat Puasa Sunnah Syawal / Sumber: iStockphoto

Senin, 12 Februari 2024 bertepatan tanggal 2 Sya’ban 1445 H dalam kalender Hijriyah. Waktu tersebut dapat dimanfaatkan umat Islam melaksanakan puasa sunnah Senin di awal Sya’ban.

Puasa Senin menjadi amalan sunnah karena Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa tersebut. Senin merupakan hari istimewa bagi sang nabi karena beliau lahir di hari tersebut dan di hari Senin juga mendapat wahyu pertama kalinya.

"Nabi ditanya soal puasa pada hari Senin, beliau menjawab, ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim: 1162).

Di sisi lain, Nabi Muhammad SAW juga suka melaksanakan puasa di bulan Sya’ban. Dengan demikian, puasa Senin di bulan Sya’ban terdapat dua kesunnahan untuk diamalkan.

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘… Rasulullah saw sering berpuasa Sya’ban seluruhnya; beliau sering berpuasa Sya’ban kecuali sedikit saja’.” (HR Muslim).

Maksud dari berpuasa Sya’ban seluruhnya adalah berpuasa pada sebagian besarnya. Demikian penjelasan Imam An-Nawawi dalam al-Majmû’ Syarhul Muhaddzab.

Berikut ini panduan melaksanakan puasa Senin di bulan Sya'ban yang terdiri dari niat, tata cara, dan keutamaannya.

Selengkapnya baca di sini


3. Riwayat Kemunculan Api di Wilayah Madinah yang Lelehkan Batu, Tanda Kiamat?

Door to Hell atau pintu menuju neraka di Turkmenistan yang terdeteksi di Google Earth berdiameter hampir 70 meter. (iStock)
Door to Hell atau pintu menuju neraka di Turkmenistan yang terdeteksi di Google Earth berdiameter hampir 70 meter. (iStock)

Pernah terjadi fenomena langka yakni munculnya api di wilayah Madinah yang mampu meluluhleburkan batu. Api itu lantas, dihubungkan dengan tanda kiamat.

Hanya saja kemunculan api  sebagaimana informasi dari hadis Nabi SAW yang merupakan salah satu tanda dari sekian banyaknya tanda kiamat munculnya di Yaman.

Keterangan tentang ini banyak ditemukan dalam sabda-sabda Rasulullah SAW. Menurut Rasulullah SAW, keluarnya api dari Yaman merupakan tanda terakhir yang muncul dari 10 tanda-tanda kiamat lainnya. Rasulullah SAW bersabda:

 وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ ، تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

"Akhir dari semua tanda itu adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka dihimpun.” (HR Muslim)

Hanya saja, jika pernah terjadi fenomena ajaib, di mana muncul api yang sangat panas hingga benda sekeras batu pun bisa meleleh yang muncul di wilayah Madinah, apakah ini terkategori sebagai salah satu tanda kiamat?

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya