6 Buah dengan Khasiat Luar Biasa yang Tertulis dalam Al-Qur'an, Mana Favoritmu?

Sejumlah buah-buahan ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan bahkan sudah tercatat dalam Al-Qu'an dan dikenal sejak ribuan tahun lalu.

oleh Putry Damayanty diperbarui 27 Jul 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi buah-buahan, aneka buah
Ilustrasi buah-buahan, aneka buah. (Image by lifeforstock on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur'an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Segala bentuk pengetahuan dan pembelajaran hidup tertulis dengan rapi di dalam ayat-ayat Al-Qur'an.

Salah satu pengetahuan yang diperoleh dari Al-Qur'an adalah tentang kesehatan. Di dalamnya termasuk khasiat buah-buahan bagi kesehatan tubuh manusia. 

Pengetahuan tentang manfaat dari sejumlah buah-buahan ini telah dituliskan sejak masa lalu di dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nahl ayat 11, yang artinya:

"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir". 

Mengutip dari laman merdeka.com, berikut 6 jenis buah dengan kandungan manfaat luar biasa bagi kesehatan yang disebutkan dalam Al-Qur'an.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


1. Kurma

Ilustrasi kurma
Ilustrasi kurma. (Photo created by azerbaijan_stockers on www.freepik.com)

Kurma disebutkan beberapa kali dalam Alquran dan dianggap sebagai makanan yang diberkahi. Kurma mengandung banyak nutrisi seperti serat, gula alami, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk pencernaan dan meningkatkan energi.

Flavonoid di dalam kurma berkhasiat untuk menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Karotenoid dalam kurma bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mencegah gangguan penglihatan.

Konsumsi kurma juga bisa membantu menguatkan tulang serta menjadi alternatif pemanis yang lebih sehat daripada gula.


2. Zaitun

Minyak zaitun
Ilustrasi/copyright shutterstock

Zaitun dan minyak zaitun disebutkan dalam Alquran sebagai "pohon yang diberkahi" (Surat An-Nur ayat 35). Zaitun mengandung antioksidan, vitamin E, dan lemak sehat, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Menurut hasil penelitian, buah ini baik untuk jantung. Hydroxytyrosol berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Kandungan zat besi di dalam zaitun bermanfaat untuk kelancaran sirkulasi oksigen di dalam darah. 

Kandungan di dalam zaitun juga bisa melindungi tulang dari osteoporosis serta memiliki efek antikanker.


3. Anggur

Manfaat Buah Anggur
Buah anggur (Sumber: iStockphoto.com)

Anggur disebutkan dalam Alquran dan dianggap sebagai buah yang menyehatkan. Anggur mengandung senyawa antioksidan seperti resveratrol yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit tertentu.

Anggur memiliki kandungan polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Berdasarkan penelitian pada Journal of Nutrition, anggur juga diketahui bisa membantu fungsi tubuh memproduksi insulin serta meningkatkan kekebalan tubuh.


4. Tin

[Bintang] Selain Kurma, Ternyata Ini Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW
Buah Tin. (Foto: kendaripos.fajar.co.id)

Buah tin disebutkan dalam beberapa surat Alquran dan dianggap sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan. Tin mengandung serat, mineral, dan vitamin yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

Buah tin rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan. Tin juga diketahui mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.


5. Delima

Buah Delima
Buah delima (Foto: www.thefruitcompany.com)

Delima disebut dalam Alquran dan dianggap sebagai buah yang penuh manfaat. Delima kaya dengan kandungan antioksidan, vitamin C, dan potassium, yang baik untuk kesehatan jantung dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Kandungan antioksidan dari delima mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, obesitas, dan Alzheimer. Antioksidan di dalam buah delima mampu menghindarkan risiko kanker prostat, kanker payudara, arthritis, darah tinggi, dan disfungsi ereksi.


6. Pisang

Buah pisang (Sumber: freepik.com/azerbaijan_stockers)
Buah pisang (Sumber: freepik.com/azerbaijan_stockers)

Pisang disebutkan dalam Alquran dan dianggap sebagai makanan yang menyehatkan. Pisang mengandung potassium, vitamin C, dan serat, yang baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

Pisang merupakan sumber kalium yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pisang kaya kandungan antioksidan penting seperti dopamin dan katekin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya