Tak Selalu Langsung Dikabulkan, Ini 3 Cara Allah Menjawab Doa Kata Ustdaz Khalid Basalamah

Jangan sampai kita berputus asa ketika doa tak kunjung dikabulkan. Ini cara Allah SWT dalam menjawab doa para hamba-Nya.

oleh Putry Damayanty diperbarui 13 Okt 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2024, 10:30 WIB
Ustaz Khalid Basalamah
Ustaz Khalid Basalamah.  Foto Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Allah SWT selalu mendengar segala doa hamba-Nya baik itu secara lisan maupun batin, sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Mukmin ayat 60:

و قال ربكم ادعوني استجب لكم...

Artinya: "Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepadaku, niscaya akan kuperkenankan bagimu.’" 

Doa adalah wujud permohonan dan kepasrahan diri seorang hamba kepada Penciptanya. Doa dapat dilakukan dalam kondisi apapun, baik susah maupun senang.

Tak jarang pula mungkin kita alami ketika telah berdoa secara terus-menerus tapi tak kunjung dikabulkan. Namun, ketahuilah bahwasanya Allah SWT memiliki caranya sendiri untuk menjawab doa para hamba-Nya.

Allah SWT menjawab doa para hambanya dengan 3 cara, sebagaimana mengutip penjelasan Ustadz Khalid Basalamah dari tayangan YouTube Short @hijrahindonesia, Sabtu (12/10/2024).

Saksikan Video Pilihan ini:

3 Cara Allah Menjawab Doa

1. Langsung Dikabulkan oleh Allah

"Pertama adalah Allah berikan langsung, sakit Allah sembuhkan, minta rezeki Allah bukakan, minta jodoh Allah mudahkan," tuturnya.

Lebih lanjut, Ustdaz Khalid Basalamah juga menyebutkan bahwasanya jawaban doa ini datang dalam bentuk sinyal.

"Jadi misal kita, Allah mau sembuhkan maka tiba-tiba kita ngobrol sama seseorang lalu dia tunjukkan kita ke dokter yang cocok, resep sama dokter, nasihat dokternya cocok, konsultasi sama resepnya, kita sembuh. Tentu itu bukan dokter dan resep yang menyembuhkan tapi Allah SWT," sambungnya.

2. Allah Hilangkan Keburukan yang Akan Menimpa Diri

"Jadi doa itu tidak selamanya diberikan langsung seperti itu. Allah sebagai Pencipta lebih tahu," ucapnya.

3. Disimpan dalam Bentuk Pahala

Barangkali hajat yang sering kita doakan tersebut Allah simpan dalam bentuk pahala yang akan dipanen pada hari kiamat nanti. Masya Allah!

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya