Melihat Dinamika Pendidikan dari Masa ke Masa lewat Karnaval Merdeka Belajar di Yogyakarta

Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru tumpah ruah menyaksikan pagelaran Karnaval Merdeka Belajar di titik nol Yogyakarta, Minggu (28/5/ 2023).

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Mei 2023, 22:45 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2023, 22:43 WIB
Karnaval Merdeka Belajar
Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru tumpah ruah menyaksikan pagelaran Karnaval Merdeka Belajar di titik nol Yogyakarta, Minggu (28/5/ 2023).

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru tumpah ruah menyaksikan pagelaran Karnaval Merdeka Belajar di titik nol Yogyakarta, Minggu (28/5/ 2023). Selain Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, perhelatan ini juga dihadiri Meneteri Pendidikan Nadiem Makarim, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid serta Direktur Film dan Media Ahmad Mahendra.

Ada sekitar 500 peserta yang terdiri dari pelajar SD,SMP, SMA, mahasiswa, guru, ikut memeriahkan Karnaval Merdeka Belajar.

Menurut Ahmad Mahendra, kegiatan ini menjadi rangkaian puncak Hari Pendidikan Nasional dengan tema Bergerak Bersama, Semarakkan Pendidikan Belajar Tahun 2023.

"Karnaval ini penting karena menyeleraskan pendidikan kita, tokoh pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara,” ujarnya.

Beragam perhelatan disajikan, seperti, video mapping di fasad Bank BNI 46 Yogyakarta dan pertunjukan dengan tema wajah pendidikan Indonesia dari masa ke masa.

Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar juga terlihat jelas di acara ini. Masyarakat bisa menyaksikan gambaran wajah pendidikan Indonesia.

Kebijakan Merdeka Belajar juga memberikan warna tersendiri pada pendidikan di Indonesia. Sebanyak 24 episode telah digelar. Semua episode memberikan dampak dan kontribusi nyata terhadap paradigma baru pendidikan di Indonesia.

“Unsur-unsur yang ditampilkan tidak lepas dari kekayaan budaya nusantara. Tentunya semua dikaitkan dengan perkembangan pendidikan di Indonesia,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya