Tahu Tek, Riwayatmu Kini

Tahu Tek merupakan kuliner tradisional berbahan utama tahu, yang dilengkapi lontong, telur mata sapi, dan siraman sambal kacang.

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 22 Jun 2015, 21:34 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2015, 21:34 WIB
Tahu Tek
Tahu Tek kuliner tradisional Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Nama Tahu Tek memang terdengar asing di telinga masyarakat, namun tidak demikian bagi warga Surabaya. Warga Surabaya mengenal Tahu Tek sebagai salah satu kuliner tradisional yang menggunakan tahu sebagai bahan utama pembuatannya, sedangkan ‘Tek’ berasal dari bunyi yang dikeluarkan penjualnya saat sedang berjualan.

Penjual Tahu Tek biasa menggunakan gerobak untuk menjajakan jualannya. Hanya ditemui saat malam hari, gerobak penjual Tahu Tek dilengkapi dengan wajan berisi minyak panas, dan cobek kayu berukuran besar. Saat ada pembeli, penjual tahu Tek akan membuatkan bumbu berupa campuran gula merah, kacang tanah, air, cabai sesuai selera, dan tambahan petis, sebagai ciri citaras kuliner Jawa Timur.

Saat ditemui Tim Liputan6.com, yang ditulis pada Sabtu (20/6/2015), seorang penjual Tahu Tek yang biasa mangkal di Jalan Karang Menjangan, Surabaya, menjelaskan, dalam satu sajian Tahu Tek berisi tahu yang digoreng setengah matang, lontong, kentang goreng, dan telur dadar. Bahan-bahan ini kemudian disiram bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya. Agar lebih lengkap, sajian ini juga ditaburi kecambah dan kerupuk.

Campuran bumbu kacang, lontong, telur, dan tahu, tentu menjadi perpaduan yang nikmat. Apalagi harga Tahu Tek sangat terjangkau. Namun sayang, penjual Tahu Tek makin jarang ditemukan. Di tengah pengaruh modernisasi dan menjamurnya restoran cepat saji, kuliner tradisional yang satu ini makin kehilangan tempat dan pembeli. (Ibo/Igw)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya