12 Ribu Pendayung Hipnotis Wisatawan di Festival Pacu Jalur 2017

Wow, 12 Ribu Pedayung Hipnotis Wisatawan di Festival Pacu Jalur 2017

oleh Cahyu diperbarui 24 Agu 2017, 10:15 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2017, 10:15 WIB
Yuk, Saksikan Kehebohan Festival Pacu Jalur Teluk Kuantan Riau
Wow, 12 Ribu Pedayung Hipnotis Wisatawan di Festival Pacu Jalur 2017

Liputan6.com, Riau Festival Pacu Jalur yang hanya bisa disaksikan di Riau, benar-benar dahsyat dan fenomenal. Betapa tidak, 193 Jalur--istilah untuk tim yang ikut berlomba--sudah dipastikan akan melewati perjuangan babak penyisihan hari pertama yang dimulai pada 23-26 Agustus 2017 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kepulauan Riau. Sebanyak 193 jalur (perahu) akan diisi sekitar 50-60 pendayung di setiap perahu. Jadi, total terdapatsekitar 12 ribu pedayung yang akan berjibaku dalam event terbesar di Riau ini untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp 65 juta. Hadiah tersebut belum termasuk dari sponsor yang biasanya menyediakan ternak untuk para pemenang.

"Alhamdulillah, total 193 jalur (tim) yang berasal dari 15 Desa/Kecamatan, satu Kabupaten, dan satu tim dari Pempov Riau, mereka akan bertemu berdasarkan hasil undian. Ada 97 heat dengan sistem gugur, sehingga peserta yang kalah tidak boleh turut bermain kembali. Sedangkan para pemenangnya akan diadu kembali untuk mendapatkan pemenang utama," ujar Marwan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuantan Singingi.

Antusias penonton terhadap event tersebut pun diperkirakan cukup besar. Jumlah pengunjung pacu jalur tahun ini diperkirakan 500 ribu orang.

"Tahun lalu sekitar 350 ribu penonton terhipnotis dengan adu cepat para pendayung, tahun ini diperkirakan bisa mencapai 500 ribu penonton, baik dari seluruh Kabupaten Kuantan Singingi maupun wisatawan di kabupaten tetangga, seperti Inhu dan lainnya, yang ingin menyaksikan ajang seru ini," ucap Marwan.

Tercatat 15 kecamatan yang ikut mengirimkan tim terbaiknya, berasal dari seluruh kecamatan di Kuantan Singingi, sepeti Kecamatan Inuman, Cerenti, K Hilir, K Hilir Seberang, Pangean, LTD, Sentra, Bekai, K Tengah, Guntor, Hulu Kuantan, P Rantau, Singingi, dan Singingi Hilir. Selain itu, ada Kabupaten Inhu yang mengirimkan 33 jalur. Tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga mengirimkan wakilnya.

Marwan menjelaskan, setiap jalur beranggotakan laki-laki dengan usia 15 sampai 40 tahun. Jumlah pendayung perahu tidak sama setiap perahu, semua tergantung masing-masing tim yang tediri dari sekitar 50 sampai 60 orang. Jadi, beda jumlah pendayung tidak membedakan kelas dan keistimewaan. Pendayung banyak belum tentu menang, karena menurut mitos yang ada di sana, kemenangan itu ditentukan dari kekuatan magis yang terdapat pada kayu perahu serta kesaktian sang pawang dalam mengendalikan perahu.

Dari 50 atau 60 pendayung, ada anggota tim yang disebut ‘anak pacu’ dengan beberapa tugas masing-masing dan sebutannya, seperti ‘tukang kayu’, ‘tukang concang’ yang menjadi komandan atau pemberi aba-aba, dan ‘tukang pinggang’ yang menjadi juru mudi. Ada juga ‘tukang onjai’ yang bertugas memberi irama di bagian kemudi dengan cara menggoyang-goyangkan badannya dan ‘tukang tari’ yang membantu ‘tukang onjai’ dalam memberi tekanan agar seimbang, agar perahu dapat berjungkat-jungkit secara teratur dan berirama.

Juara bertahan tahun lalu, Jalur Siposan Rimbo RAPP dari Pangean Kuantan Singingi, juga siap bertanding kembali mempertahankan mahkota juara. Berada di jalur 13, mereka akan ditantang Tapak 3 Tumpuan Nagori Aston Motor di penyisihan babak pertama yang akan menempuh jarak panjang lintasan sepanjang 1 km, mengikuti aliran Batang Kuantan.

Tradisi Pacu Jalur tersebut telah ada sejak ratusan tahun yang memiliki sejarah panjang. Sungai Batang Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di bagian hilir telah digunakan sebagai jalur pelayaran sejak awal abad ke-17 dan digunakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72, #Pesona72 #Pesona17an.

Acara Festival Pacu Jalur dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dalam acara pembukaan yang digelar di Lapangan Limuna yang berjarak sekitar 50 meter dari arena Pacu Jalur. Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya sendiri takjub dengan event pacu jalur.

"Pacu jalur ini unik, tidak ada di dunia selain di Kuansing. Event ini berkelas dunia, tinggal bagaimana Riau bisa mengemasnya menjadi paket wisata yang menarik. Mudah-mudahan dengan acara 'Riau Menyapa Dunia', Pacu Jalur dan pariwisata Riau tumbuh lebih baik," kata Arief.


(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya