Rahasia Hubungan Harmonis dengan Mertua dan Keluarga Pasangan

Ingin memiliki hubungan yang harmonis dengan keluarga pasangan dan mertua? Ini tipsnya.

oleh Ana Fauziyah diperbarui 01 Mei 2018, 19:30 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2018, 19:30 WIB
Pasangan Serasi Pasangan Romantis Pasangan Muda Mudi
Ilustrasi Foto Pasangan Romantis (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ada yang bilang saat Anda menikahi seseorang, Anda tidak hanya menikahi dirinya tapi juga menikahi seluruh keluarganya. Karena itu, hubungan baik dengan mertua dan keluarga pasangan Anda harus tetap dijaga agar tetap langgeng dan harmonis.

Hubungan yang baik dengan mertua dan keluarga pasangan sangat penting karena berkaitan dengan hubungan rumah tangga Anda. Banyak pernikahan yang akhirnya berakhir, sebab retaknya hubungan dengan mertua keluarga besar pasangan.

Menjalin hubungan harmonis dengan mertua dan keluarga pasangan memang butuh waktu dan usaha. Perbedaan pandangan, pendidikan, dan juga kultur kadang menjadi faktor yang bisa memicu ketegangan. Namun, ada hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menjaga hubungan dengan keluarga pasangan, seperti dilansir dari Elite Daily, Selasa (1/5/2018) sebagai berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melihat dari Perspektif Mereka

Ilustrasi Pernikahan
Ilustrasi Pernikahan (iStockPhoto)

Hal yang pertama yang harus Anda utamakan adalah rasa hormat. Bukan hanya bersikap sopan dan berbasa-basi dengan santun, rasa hormat berkaitan dengan cara Anda menghargai sikap, karakter, dan pandangan mereka terhadap sesuatu. Sebelum Anda membuat penilaian apa pun pada keluarga pasangan Anda atau bereaksi terhadap hal-hal tertentu, ada baiknya untuk mencoba memahami dari mana mereka berasal.

Hormati tradisi mereka dan cara mereka melakukan sesuatu. Kenali ritual, kebiasaan, dan harapan mereka. Cobalah untuk mendengarkan dan mengamati cara keluarga mereka melakukan hal-hal apa pun saat Anda berada di sekitar mereka. Mungkin Anda tidak setuju dengan mereka, tetapi cobalah untuk memahami mengapa mereka seperti itu dan hormatilah.

 


Bernegosiasi dengan Pasangan

Ilustrasi Pernikahan
Ilustrasi Pernikahan (iStockPhoto)

Masalah dalam rumah tangga merupakan sesuatu yang wajar. Ketika Anda menghadapi masalah dengan keluarga besar mertua, jangan mengambil sikap defensif. Apalagi sampai harus memaksa suami atau istri Anda untuk memilih antara Anda atau keluarganya. Namun, bernegosiasilah dengan pasangan Anda mengenai hal tersebut.

Prioritaskan hal-hal yang lebih utama seperti keutuhan keluarga atau keharmonisan hubungan daripada memaksakan kehendak meskipun Anda yakin benar. Perlu diingat bahwa kunci dari hubungan yang sehat dengan keluarga pasangan adalah menghormati dan menghargai mereka seperti Anda menghormati dan menghargai keluarga Anda sendiri.

Ana Fauziyah

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya